Indoluxe Hotel Jogjakarta Raih Sertifikasi Hotel Bintang Empat

Kamis, 29 Oktober 2015 | 07:00


Indoluxe Hotel Jogjakarta berhasil meraih sertifikasi hotel bintang empat dari Sucofindo. Legalitas ini menjadi bekal penting untuk hotel yang fokus pada kalangan pebisnis ini untuk bersaing di tengah jumlah hotel yang semakin banyak.

Selain legalitas, Indoluxe juga akan mengandalkan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

Human Capital Manager Indoluxe Hotel Jogjakarta, Dimaz Novriyanto mengatakan, di tengah bisnis pariwisata yang berkembang pesat di Indonesia diperlukan tingkat akomodasi dengan berbagai fasilitas.

Namun tentunya, diperlukan grade atau klasifikasi untuk akomodasi berupa hotel.

"Sesuai Peraturan Menteri (PERMEN) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PAREKRAF) nomor 53, kami berhasil mendapatkan sertifikasi hotel bintang empat dari Sucofindo. Untuk auditnya sendiri dilakukan pada 21-22 September 2015. Auditornya berasal dari Sucofindo dan Dinas Pariwisata," jelas Dimaz dalam press conference di Indoluxe Hotel Jogjakarta, Selasa (27/10/2015).





Menurut Dimaz, sertifikasi ini penting mengingat beberapa waktu yang lalu, legalitas beberapa hotel di Yogyakarta dipertanyakan. Untuk itu, status legal dari pihak terkait menjadi bekal penting untuk menawarkan akomodasi hotel yang baik.

"Apalagi Sucofindo mensyaratkan tiga hal penting yang berhasil kami penuhi. Misalnya persyaratan dasar dan juga ada 25 kriteria mutlak yang bisa kami penuhi. Dan yang terakhir ada 208 unsur tidak mutlak yang juga berhasil kami lalui," ungkap Dimaz.

Di tempat yang sama, General Manager Indoluxe Hotel Jogjakarta, Agung Trihartoyo mengatakan pencapaian tersebut merupakan prestasi tersendiri.

Namun demikian ia menyatakan pihaknya juga berfokus untuk menatap persaingan hotel yang semakin sengit saat ini.

"Buat kami, yang terpenting bukan hanya klasifikasi. Pada 2015 ini pertumbuhan hotel di Yogyakarta mencapai 53 persen. Untuk itu, tantangannya tentu hotel berlomba untuk memberikan fasilitas yang cukup wow. Bahkan saat ini budget hotel berani memberikan fasilitas MICE. Namun kami sebagai hotel bisnis berupaya memberikan layanan dengan sentuhan personal. Kami tentu harus memberikan hotel yang aman dan nyaman," katanya.

Menurut Agung, pertumbuhan hotel yang mencapai 53 persen tersebut tergolong berat dari segi persaingan hotel. Apalagi, Indoluxe terletak di kawasan ring 3 sehingga harus memiliki strategi tersendiri untuk menjadi pilihan pengguna.

"Untuk itu kami terus berbenah untuk menyempurnakan berbagai fasilitas yang dimiliki. Satu andalan kami adalah fasilitas ballroom yang menyediakan LED. Yang tidak kalah penting, Indoluxe memiliki nilai plus yang belum ada di tempat lain yakni fasilitas rooftop yang bisa melihat ke seluruh penjuru Yogyakarta," paparnya. (tribunjogja.com)


sumber http://jogja.tribunnews.com