iCRAFT 2015: Craftivity dari Tangan Turun ke Hati

Jumat, 12 Juni 2015 | 11:22


Pameran Interior and Craft (iCRAFT) 2015 telah resmi dibuka. Menampilkan beragam pilihan premium interior dan produk-produk kerajinan terbaik, iCRAFT Expo 2015 mewakili “The Original Craft dari Indonesia untuk Dunia” dirancang menarik dan inovatif dengan menyorot beragam warisan interior dan produk kerajinan Indonesia yang kreatif dan berkarakteristik khas Indonesia.Mengusung tema Craftivity dari Tangan Turun ke Hati, peresmian pembukaan iCRAFT 2015 ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla disaksikan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Suryani SF. Motik, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri PAN RB Yudhi Chrisnandi.

Hadir sebagai tamu kehormatan, Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya iCRAFT 2015 dan bagaimana perencanaan pasar menjadi begitu penting bagi keberlangsungan industri kerajinan tanah air.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa untuk membesarkan industri kerajinan tanah air ada dua hal penting yang harus dipahami. Pertama, selain mengutamakan sisi fungsional, produk juga harus memiliki karakteristik lokal. Hal penting kedua adalah mempelajari selera pasar.

“Tetap fungsional tapi punya ciri lokal. Itu yang paling banyak bisa dijual. Selain itu, jika kita ingin membesarkan industri kerajinan ini, kita harus mempelajari selera orang. Jangan kita paksakan selera kita dipakai orang. Itu harus dipahami seperti itu,” jelas Jusuf.

Jusuf Kalla berharap dengan digelarnya iCRAFT 2015 ini baik interior, craft, furniture yang baik secara kerajinan ataupun icreatifitasnya dapat mengikuti perkembangan selera pembeli atau pasarnya, dan tentu fungsionalnya.

Gelar karya produk interior dan industri kreatif Indonesia berbasis kriya ini diselenggarakan mulai tanggal 10-14 Juni 2015, di Jakarta Convention Center./ Adr.