Pemerintah Jamin Ketersedian Bahan Pokok Jelang Ramadan

Selasa, 09 Juni 2015 | 09:00


Pemerintah menjamin ketersediaan pasokan dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini.Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, mengatakan pihaknya selalu melakukan pengecekan harga bahan kebutuhan pokok bersama menteri lainnya di pasar untuk mengetahui pasokan, dan harganya. Hal tersebut akan terus dilakukan, untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan dan Lebaran.

“Kami mengikuti harga cabai, bawang, dan beras dari produsen hingga ke konsumen. Saat ini harga bawang Rp15.000 per kilogram, dan harga cabai Rp13.000 per kilogram,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Amran menuturkan impor bawang merah dan cabai merupakan pilihan terakhir yang akan diambil pemerintah untuk menjaga pasokan dan harganya di pasar. Saat ini, pemerintah terus berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dari produksi dalam negeri.

Menurutnya, produksi beras periode Januari-Februari 2015 saja mencapai 20 juta ton, sehingga dapat menopang melonjaknya permintaan beras di pasar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sangat fokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran tahun ini. Dirinya bahkan telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk memastikan ketersediaan bahan pangan, dan perbaikan infrastruktur menjelang Lebaran.

Menurutnya, seluruh menteri di Kabinet Kerja sudah harus bekerja untuk memastikan pelayanan dan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi menjelang Lebaran. Persiapan transportasi, dan infrastruktur harus sudah siap untuk arus mudik dan arus balik Lebaran. Barang kebutuhan pokok untuk rakyat juga harus tersedia dengan harga yang terjangkau.

Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral pun diminta untuk memastikan keamanan pasokan bahan bakar minyak menjelang Ramadan dan Lebaran, agar masyarakat dapat merayakannya dengan tenang.

oleh Lili Sunardi
sumber http://industri.bisnis.com