IPA CONVEX ke 39 BAHAS ANTISIPASI KRISIS ENERGI, SUCOFINDO TAWARKAN JASA SURVEI SEISMIK

Kamis, 21 Mei 2015 | 14:21


Seiring dengan tema IPA Convex ke 39 mengenai antisipasi krisis energi Indonesia, Sucofindo, BUMN di bidang pemastian, menawarkan jasa survei seismik untuk pemetaan potensi migas.

JAKARTA, 20/5, Sucofindo berpartisipasi dalam Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition yang diselenggarakan untuk  ke 39 kali di JCC, Senayan.  Acara ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 20 sampai 22 Mei 2015, dengan tema “Bekerja Bersama mempercepat Solusi dalam mengantisipasi krisis Energi Indonesia”.

Acara dibuka oleh Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Pembukaan dihadiri juga oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.  Acara ini merupakan forum bagi perusahaan nasional dan internasional untuk mengidentifikasi dan berpartisipasi dalam peluang bisnis minyak dan gas di Indonesia.

Terkait tema pada acara tersebut, selain eksibisi, diselenggarakan berbagai seminar dan diskusi, diantaranya membahas mengenai krisis energi di Indonesia, reformasi tata kelola di sektor migas, dan kolaborasi lintas sektoral untuk memajukan sektor migas nasional.

Pada acara tersebut, Sucofindo memperkenalkan jasa-jasanya terkait dengan sektor migas, dan jasa barunya, yaitu survei seismik.

Menurut Iqbal Akbar, Vice President SBU Upstream Oil and Gas Product PT Sucofindo, perusahaannya ingin memperkuat peranannya sebagai badan usaha milik negara (BUMN) dan berupaya menjaga kepentingan nasional dalam pengelolaan data seismik untuk eksplorasi migas, mengingat data tersebut strategis bagi kepentingan bangsa.

Menurut Iqbal, kebutuhan terhadap survei seismik di Indonesia cukup besar. Apalagi pemerintah sedang berupaya meningkatkan produksi migas guna menjaga ketersediaan energi. Namun, pemain di bisnis ini masih sedikit. Bahkan, sekitar 70 persen kue bisnis ini justru dikuasai perusahaan asing.

Menurut Iqbal, Sucofindo memiliki sejarah dan pengalaman panjang melayani sektor migas, yaitu lewat pekerjaan mengawasi muatan minyak mentah maupun olahan, memastikan nilai, hingga melakukan pengujian tanpa merusak objek (non destructive test).

Mulai tahun 2002, Sucofindo juga melayani jasa konsultasi migas dan pemeriksaan pipa untuk pengeboran sumur atau sertifikasi pipa. Sucofindo lantas makin menyelami industri migas dengan merambah ke bagian hulu lewat jasa survei seismik, pengujian minyak, dan pengeboran panas bumi.

Pada 2012, Sucofindo memulai melayani jasa survei seismik, dimulai pada proyek di Sumatera Selatan. Proyek itu antara lain, kerja sama operasi dengan Pertamina EP-Indrilco Hulu Energi di Lubuk Linggau; kerja sama operasi survei seismik 3D dengan Petroenim di Batu Enim, Prabumulih; dan survei 2D di wilayah seluas 200 kilometer bekerja sama dengan PT Anugerah Mutiara Sentosa./dewi fibriana