SUCOFINDO CABANG BENGKULU SOSIALISASI SERTIFIKASI STANDAR USAHA HOTEL

Jumat, 17 April 2015 | 15:12


9/4, Sucofindo Cabang Bengkulu bekerjasama dengan SBU SERCO menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis Sertifikasi Standar Usaha Hotel, di Hotel Santika Bengkulu. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50

Peserta mayoritas pengelola Hotel Bintang dan Non Bintang seputar kota Bengkulu. Hadir pula pada kesempatan tersebut adalah Kepala Dinas dan pejabat Pemerintah Kota Bengkulu , perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

Pada pembukaan acara tersebut, Kepala Bidang Komersial   PT  SUCOFINDO (Persero) Bengkulu Bpk. Didik Agus Triwoto, menjelaskan bahwa sosialisasi dan bimbingan teknis ini diantaranya menjelaskan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaran Sertifikasi Usaha Pariwisata, yang dilakukan oleh Lembaga mandiri / Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata.

Dijelaskan pula mengenai sertifikasi bagi pelaku usaha industri pariwisata, khususnya di bidang penyedia akomodasi yang mengacu pada PERMEN Parekraf Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 dan disempurnakan dengan dikeluarkannya PERMEN Parekraf Nomor 6 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Sertifikasi Usaha Hotel.  Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan, dan pengelolaan usaha hotel melalui penilaian kesesuaian standar usaha hotel yang telah ditetapkan pemerintah tersebut.

Herliana Dewi Kabag Pengembangan SBU Serco PT Sucofindo, menjelaskan, Sucofindo ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif melalui Keputusan Menteri No. KM-32/HK.501/MPEK/2014 tgl. 1 Juli 2014 untuk melakukan Sertifikasi Usaha Hotel di seluruh wilayah Republik Indonesia. Dalam hal ini PT SUCOFINDO (Persero), telah mempersiapkan tim Auditor yang berkompeten ,handal dan bersertifikasi serta dibantu oleh tenaga ahli professional di bidang pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, Bpk. Bujang.SE.MM menjelaskan bahwa sertifikasi standar usaha hotel ini merupakan kebutuhan dari pengusaha hotel sendiri dan  Pemerintah setempat, dalam rangka meningkatkan persaingan bisnis Perhotelan yang fair dan kondusif.
Selanjutnya Bujang mengatakan, bahwa ingin menjadikan dunia akomodasi pariwisata Bengkulu menjadi yang terbaik. “Sertifikasi ini harus segera dilaksanakan oleh pelaku usaha akomodasi sebagai bentuk keseriusan kita memberikan pelayanan terbaik bagi bidang akomodasi pariwisata. /dewi fibriana