Sucofindo dan SI akan Lakukan VPTI

Jumat, 17 April 2015 | 07:37


PT Sucofindo dan Surveyor Indonesia (SI) akan bekerjasama melakukan verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor (VPTI), kata Direktur Komersial 1 Sucofindo M Heru Riza Chakim.“Kami melaksanakan VPTI sesuai permintaan pemerintah dengan mengecek kesesuaian dokumen perizinan yang dikeluarkan untuk menghindari barang yang tidak sesuai atau tidak memenuhi ketentuan,” jelasnya di Jakarta, Rabu (15/42015).

Melaluji VPTI dokumen perizinan, dokumen impor, dan kondisi fisik barang atau komoditas dapat dipastikan kecocokannya oleh pemerintah atau pihak yang berwenang.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR Heru menjelaskan VPTI memiliki fungsi memastikan barang yang diimpor memenuhi standar teknis dan mutu Indonesia.

Bila VPTI dapat berjalan dengan baik maka akan berimbas pada meningkatnya rasio kesesuaian barang dengan kontrak jual beli sekaligus mengendalikan volume barang impor.

Heru menyebutkan produk-produk yang wajib diberlakukan VPTI ialah komoditas agri, sandang, kimia dan farmasi, elektronika, besi dan baja, dan limbah non-B3.(siswoyo)

sumber http://www.tubasmedia.com