Kemendag Akan Telusuri Mafia Beras hingga ke Akar

Kamis, 26 Februari 2015 | 09:29


Kementerian Perdagangan (Kemendag) berjanji akan menelusuri dan melakukan audit penyaluran beras Bulog yang selama ini disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab. Keberadaan mafia beras akan ditelusuri hingga ke akar-akarnya. Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menjelaskan, pemerintah akan melakukan audit mulai dari pengambilan keputusan hingga penyaluran ke daerah operasi.

"Saya minta ke Sucofindo atau Surveyor untuk melakukan audit seluruhnya dari mulai pengambilan keputusan sampai ke daerah operasi, sampai ke mana barang itu sampai. Karena selama ini potensi besar ada mafia beras," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Rachmat menilai, ada yang salah dalam penyaluran beras Bulog ini. Sehingga menyebabkan harga beras merangkak naik.

"Kan dari situ kita tahu alurnya. Barang di-delivery kemana. Karena saya ingin meyakinkan barang yang saya temukan gudang pedagang itu," imbuhnya.

Bos Panasonic ini menekankan, beras hasil operasi pasar yang disalurkan pemerintah tidak boleh dioplos dan kemudian diperjualbelikan. Sebab, beras tersebut ditujukan untuk menstabilkan harga.

"Itu beras pemerintah, tujuannya menstabilkan harga. Enggak boleh dioplos. Dijual juga harga yang ditentukan oleh pemerintah," tandasnya.

(dmd)

oleh Lily Rusna Fajriah
sumber http://ekbis.sindonews.com