Kinerja Ekspor Kopi Bakal Terdongkrak Pada Semester II/2014

Kamis, 07 Agustus 2014 | 07:57


Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) optimistis ekspor kopi pada paruh kedua tahun ini akan meningkat. Hal tersebut didorong dengan masuknya musim panen kopi pada Juni hingga Agustus.Katua Umum GAEKI Hutama Sugandhi menjelaskan meskipun volume diprediksi  terkikis sekitar 10%-15% karena kondisi cuaca, hal tersebut akan tertutupi oleh meningkatnya harga kopi dunia karena berkurangnya pasokan dari Brasil dan negara penghasil kopi lainnya.
 
"Dengan harga yang cukup tinggi, kontribusi ekspor kopi terhadap devisa minimal sama dengan tahun lalu sekitar US$1,5 miliar," katanya, Selasa (5/8/2014).
 
Hal senada disampaikan Ketua Umum Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia Irfan Anwar. Dia mengatakan musim panen kopi  terjadi pada semester II, tetapi hingga akhir tahun ini produksi diprediksi  turun hingga 10%."Kondisi cuaca mengganggu produksi
 
Meski demikian, untuk nilai ekspor  kopi dalam rupiah masih berpotensi untuk tumbuh seiring dengan menguatnya nilai tukar rupiah, selain itu permintaan global yang meningkat juga bisa ikut mengerek hargakopidunia.


oleh Nenden Sekar Arum
sumber http://industri.bisnis.com