HARGA DAGING SAPI Jelang Lebaran Naik, Ini Kata Mentan Suswono

Jumat, 25 Juli 2014 | 08:28


Menteri Pertanian Suswono menanggapi harga daging sapi yang melonjak tidak normal.Menurutnya, tidak ada yang salah pada peternak sapi yang mengakibatkan harga daging di beberapa pasar meningkat.

“Harga daging sapi seharusnya sudah turun. Sudah tidak lagi ada pembatasan dan barangnya sudah ada di dalam negeri. Faktanya, di Carrefour aja bisa di jual Rp70.000,” katanya setelah Peresmian Promosi dan Pasar Produk Pangan Segar dan Olahan Nusantara, Jakarta, (24/7/2014).

Sebelumnya, pasar tradisonal di daerah Jakarta, Depok dan Bekasi menemukan harga daging sapi mencapai Rp100ribu-Rp150ribu, “Ini hanya beberapa pihak saja yang memanfaatkan ramadhan, pedagang yang memanfaatkan bukan di peternaknya. Ini sesaat saja,” tuturnya.

Mengenai daging sapi Australia yang lebih murah dibandingkan daging dalam negeri, Mentan mengaku akan menagih janji Kementerian Perhubungan yang akan menyediakan 2-3 kapal pengangkut sapi dari daerah Nusa Tenggara.

“Kita punya sapi 14 juta, tapi transportasinya susah. Barangnya tidak bisa dikirim ke Jakarta, akhirnya kita impor karena, harga daging sapi NTT kini lebih mahal dari Darwin,” katanya.

“Janjinya akhir tahun ini akan ada kapal pengangkut barang, kita lihat saja nanti,”jelasnya.

Suswono belum dapat memperkirakan nilai ekonomis pengangkutan sapi dengan menggunakan kapal dibandingkan dengan cara darat seperti sekarang ini.

“Belum tahu pastinya, yang pasti biayanya akan jauh lebih murah daripada menggunakan truk,” katanya.

oleh Irene Agustine  
sumber http://industri.bisnis.com