Sucofindo Bantu Peternak Sapi Rp3,3 Miliar

Rabu, 25 Juni 2014 | 09:51


PT Sucofindo (Persero) menyerahkan bantuan sebesar Rp3,3 miliar kepada peternak sapi di Boyolali, Jawa Tengah, dan Pasuruan, Jawa Timur untuk peningkatan kapasitas usaha merlalui permodalan yang dialokasikan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.Penyerahan dilakukan Beni Agus Permana, Direktur Sumber Daya dan Perencanaan Strategis PT Sucofindo di Pasuruan, Jawa Timur. Bantuan itu merupakan bentuk dari tanggung perusahaan di bidang sosial kepada masyarakat.

Peternak sapi perah penerima bantuan tergabung di Koperasi Peternak Sapi Perah (KPSP) Pasuruan untuk perbaikan sarana dan prasarana pendukung sebesar Rp1,15 miliar. Bantuan sama diberikan kepada 73 peternak sapi potong di Boyolali, Jawa Tengah.

Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp2,15 miliar yang dipergunakan untuk permodalan usaha, tapi juga dipergunakan untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat seperti rumah ibadah dan fasilitas pendidikan.

”Di samping untuk permodalan usaha dan sarana prasana desa, kami juga menyalurkan bantuan untuk pembuatan mesin rajang rumput dan pengolahan kotoran sapi yang diolah menjadi biogas,” katanya kepada Bisnis, Senin (23/6/2014) melalui keterangan resminya.

Pada kesempatan itu, Sucofindo juga melakukan kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya dan demean dokter hewan se Asia Tenggara dalam program membina peternak sapi di desa binaan Sucofindo.

Konteksnya, a,l, menjaga kesehatan sapi perah sehingga bisa dihasilkan susu sapi yang bermutu. Kemudian menghasilkan daging sapi potong yang bersih dan sehat demean metodeologi yang tepat.

Mahasiswa dan dokter hewan difaslitasi membina keterampilan peternak sapi agar mampu meningkatkan mutu sapi perah serta sapi potong.

“Tidak tertutup kemungkinan kami juga akan bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di Indonesia untuk mempercepat dan memperluas kegiatan berbagi pengetahuan dan keterampilan peternak.”

oleh Mulia Ginting Munthe
sumber http://manajemen.bisnis.com