FAO: Pertanian Keluarga Penting untuk Ketahanan Pangan

Jumat, 28 Maret 2014 | 09:59


Food and Agriculture Organization, FAO, menyatakan pertanian berbasis keluarga demikian eratnya dengan ketahanan pangan global



Karena itu, peranan pertanian berbasis keluarga harus diperhatikan dunia, di antaranya untuk mengurangi kelaparan dan kemiskinan.

Hal itu disampaikan FAO berkaitan dengan ditetapkannya 2014 sebagai Tahun Internasional Pertanian Keluarga.

Lembaga itu memaparkan penetapan tahun ini bertujuan untuk mengangkat profil pertanian berbasis keluarga dan pertanian skala kecil dengan memfokuskan peran pentingnya.

Selain itu, FAO juga menyatakan pertanian berbasis keluarga dan skala kecil demikian erat hubungannya dengan ketahanan pangan global.

"Untuk mengurangi kelaparan dan kemiskinan, menyediakan ketahanan pangan dan nutrisi," demikian FAO dalam keterangan resminya, Kamis (27/3/2014).

Organisasi itu juga memaparkan pentingnya pertanian jenis terseebut sebagai penyedia pangan  tradisional, yang juga berkontribusi pada diet seimbang dan perlindungan keanekaragaman hayati serta penggunaan sumber daya alam berkelanjutan.

FAO menegaskan baik dalam negara berkembang dan negara maju, pertanian berbasis keluarga adalah bentuk utama di sektor pertanian terkait dengan produksi makanan.

Sejumlah faktor kunci agar pertanian jenis ini dapat berhasil di antaranya adalah kondisi ekologis, karakter wilayah, akses  pasar, akses tanah dan sumber daya alam, akses teknologi, akses keuangan dan perpanjangan masa layanan.

"Pertanian keluarga memiliki peranan penting dalam sosial ekonomi, lingkungan dan kebudayaan," demikian FAO.

oleh Anugerah Perkasa
sumber http://industri.bisnis.com/