Indonesia Pasar Hortikulturan Potensial

Kamis, 21 November 2013 | 10:05


Indonesia menjadi pasar produk hortikultura potensial dimasa mendatang mengingat jumlah penduduknya yang tinggi dan meningkatnya pendapatan masyarakat. Ketua Dewan Hortikultura Nasional Benny A. Kusbini mengatakan impor hortikultura Indonesia di klaim pemerintah haya 5% saja, jika dibandingkan dengan total permintaan nasional. Meskipun demikian, nilainya sudah mencapai US$1,7 miliar.

“Impor 5% saja, nilainya sudah US$1,7 miliar. Ini menunjukkan kalau Indonesia adalah pasar yang sangat potensial,” katanya, Rabu (20/11/2013).

Dengan fakta yang demikian, Benny menilai wajar kalau beberapa negara produsen hortikultura tertarik mengisi pasar yang besar tersebut. Apalagi diperkirakan perekonomian Indonesia mendatang semakin baik, maka kebutuhan komoditas ini juga semakin meningkat.

Untuk itulah, ia meminta agar pemerintah mampu meningkatkan produksi petani agar tidak terjadi importasi yang berlebihan. Karena impor yang berlebihan memiliki dampak buruk terhadap perekonomian negara.

Indonesia sendiri memiliki berbagai macam tanaman hortikultura, dengan keanekaragaman yang tinggi ini, Benny menyarankan agar pemerintah memprioritaskan beberapa komoditas yang dianggap strategis. Dengan melakukan prioritas ini, maka perencanaan akan semakin mudah dan pencapaian target akan semakin cepat.

oleh M. Taufiqur Rahman
sumber http://industri.bisnis.com