Manado Dijadikan Ikon Wisata Terumbu Karang Dunia

Kamis, 22 Agustus 2013 | 11:44


Pemerintah segera merealisasikan rencana menjadikan Manado sebagai kota wisata terumbu karang dunia dengan harapan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik asing maupun lokal, ke kota itu. Dirjen Kepulauan, Pesisir dan Pulau-pulau kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad mengatakan pemerintah menjadikan Manado sebagai kota wisata terumbu karang tingkat dunia mengingat potensi terumbu karang di daerah itu luar biasa besarnya. 

"Manado akan menjadi ikon kota wisata terumbu karang dunia. Pemerintah akan mendukung, tidak hanya melalui pembangunan fasilitas atau infrastruktur, tetapi juga akan mempromosikannya ke berbagai negara di dunia," jelasnya, Selasa (20/8/2013).

Salah satu langkah konkret saat ini, jelas Sudirman, adalah menjadi pelopor dalam forum CTI (Coral Triangle Initiative), yaitu forum regional negara pemilik terumbu karang di Asia Pasifik. 

Forum regional ini, lanjutnya, beranggotakan enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Papua New Guinea, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste. Indonesia sendiri memiliki peran yang penting dalam forum tersebut.

Sudirman berharap posisi Indonesia dioptimalkan untuk memasarkan potensi wisata bahari, salah satunya dengan mengusulkan Manado sebagai ikon kota wisata terumbu karang dunia.

oleh M. Taufiqur Rahman
sumber http://www.bisnis.com