Cotecna Inspection SA Percayakan Inspeksinya Kepada Sucofindo

Senin, 17 Juni 2013 | 13:43


Cotegna Inspection SA dengan PT Sucofindo membangun kerjasama di bidang Jasa Inspeksi, Keamanan, Pengujian dan Sertifikasi. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara CEO dari Cotecna Inspection SA, Robert Michel Massey dengan Direktur Komersial III PT Sucofindo, Sufrin Hannan, di Jakarta (03/06)

Cotecna merupakan perusahaan multinasional di bidang jasa inspeksi dan pengujian, yang berkantor pusat di Jenewa. Saat ini, Cotecna mempunyai kontrak pekerjaan Preshipment Inspection di 12 negara.
 
Pada kesempatan tersebut, Massey mengatakan, dengan kerjasama ini diharapkan Sucofindo menjadi perusahaan inspeksi yang akan dirujuk oleh Cotecna dalam menjalankan pekerjaan inspeksinya di Indonesia.
 
“Sucofindo dan Surveyor Indonesia melalui Kantor KSO (Kerja Sama Operasi) telah lebih dahulu menggunakan Cotecna untuk pekerjaan Preshipment Inspection di negara-negara Eropa, yang merupakan wilayah operasi Cotegna,” kata Sufrin. Melalui kerjasama ini, Cotecna dapat menunjuk Sucofindo sebagai perusahaan surveyor yang melakukan pekerjaan Preshipment Inspection, Product Testing, dan Commercial Inspection atas bisnis Cotecna di Indonesia.
 
MoU ini merupakan kerjasama Resiprocal Inspection antara Sucofindo dan Cotegna. Kedua perusahaan sepakat untuk saling menunjuk, jika terdapat pekerjaan inspeksi di wilayah operasi masing-masing. Kerjasama dengan mekanisme serupa pun telah dilakukan oleh Sucofindo dengan Baltic Control Global Headquarter. Selain Cotecna dan Baltic Control Global Headquarter, KSO Sucofindo dan Surveyor Indonesia telah melakukan pekerjaan inspeksi dengan beberapa perusahaan surveyor asing, seperti SGS, Bureau Veritas (BV), dan CCIC.
 
Sufrin mengatakan kerjasama resiprocal inspection ini akan dikembangkan dengan beberapa lembaga inspeksi asing lainnya. Dengan demikian, peluang Indonesia untuk masuk pasar internasional akan semakin besar.