Pemerintah Terapkan Nanobio mulai 2015

Selasa, 11 Juni 2013 | 10:21


Pemerintah berencana terapkan teknologi Nanobio pada 2015 untuk memperkuat ketahanan pangan Indonesia. Melalui teknologi ini, diyakini mampu mengurangi pemakaian pupuk hingga 60%. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Haryono mengatakan pada 2015 pemerintah berencana memanfaatkan teknologi Nanobio ini untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Paling cepat 2015, nantinya fokus ke fortifikasi pangan atau keamanan pangan, seperti pupuk dan juga benih yang berkualitas,” Jelasnya ketika menghadiri acara sarasehan Pandu Tani  hari ini, Senin (10/6/2013).

Haryono mengharapkan penerapan teknologi ini mampu mengurangi pemakaian pupuk hingga 60%, “Larinya adalah efisiensi, seperti pemakaian pupuk, kita bisa efisiensi antara 40% hingga 60%,” katanya.

Selain itu, penerapan teknologi ini tidak terbatas pada proses pembudidayaan tetapi juga hingga proses pasca panen seperti pengolahan dan juga packaging. “Teknologi ini bisa diterapkan di pasca panen juga seperti packaging, jadi tidak terbatas di budidaya,” katanya.

Teknologi Nanobio sendiri merupakan teknologi tinggi pertanian yang memanfaatkan organisme tertentuk yang berukuran sangat kecil dan diterapkan ke suatu tanaman sehingga tanaman tersebut mampu tumbuh dengan baik.

oleh M. Taufiqur Rahman
sumber http://www.bisnis.com