Seminar Audit Energi: Kepedulian Dunia Usaha Terhadap Lingkungan

Rabu, 01 Mei 2013 | 18:38


Ketersediaan energi menjadi isu penting bagi perkembangan dunia usaha, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kebijakan pemerintah dan tuntutan pasar mengarahkan dunia usaha berperan aktif dan bertanggung jawab dalam menyelamatkan lingkungan melalui pemanfaatan dan konservasi energi.Kebijakan pemerintah melalui PP No.70 Tahun 2009 tentang konservasi energi mewajibkan pengguna energi untuk melakukan konservasi energi. Selain menunjang pelestarian lingkungan, konservasi energi dapat mengurangi biaya produksi tanpa mempengaruhi hasil atau kualitas produksi. Efektifitas perusahaan dalam konservasi energi ini dibuktikan melalui audit energi.

Disamping pembuktian efektivitas, audit energi juga merupakan metode untuk mengukur efisiensi penggunaan energi terhadap produktivitas yang dihasilkan. Dengan audit energi, diharapkan perusahaan memiliki data rasio apakah konsumsi energi telah sesuai kapasitas produksi terpasang sehingga dapat dilakukan perbaikan dan optimalisasi penggunaan energi.

“Saat ini, sebagian besar audit energi yang dilakukan masih ditujukan untuk pemenuhan salah satu kriteria penilaian Proper yang ditetapkan oleh KLH. Meskipun demikian, itu menjadi langkah awal yang positif bagi perusahaan dalam mengevaluasi pemanfaatan energi dan menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan”, kata Direktur Komersial II, Rudiyanto dalam acara Seminar Audit Energi di Hotel Bidakara, Jakarta, 2 Mei 2013.

Organisasi internasional untuk standarisasi pun telah mengeluarkan standar ISO 50001:2011 mengenai Sistem Manajemen Energi. Sebagai perusahaan jasa inspeksi, pengujian dan sertifikasi yang terbesar di Indonesia, Sucofindo menyediakan jasa audit energi dan sertifikasi ISO 50001:2011. Jasa tersebut menambah layanan jasa audit dan sertifikasi sistem manajemen yang sudah ada, seperti ISO 9001, ISO 14001, Sertifikasi Produk, SMK3, OHSAS 18001, Sistem Manajemen Pengamanan, sistem verifikasi legalitas kayu dan Sistem Manajemen Terintegrasi. “Kami terus mengembangkan skema sertifikasi baru untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dalam memenuhi tuntutan pasar nasional maupun internasional”, ujar Rudiyanto.

Seminar Audit Energi dihadiri oleh ratusan wakil perusahaan dari berbagai sektor industri. Seminar tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan kepedulian industri terhadap manfaat audit energi.

Ref: Siaran Pers No. 067/SP-V/CC/2013