Berperan dari Berbagai Dimensi

Rabu, 20 Maret 2013 | 11:47


Selama 57 tahun terus menyediakan layanan jasa menunjang aktifitas usaha berbagai industri. Berbagai manfaat dan penghargaan yang didapat.
Sebagai perusahaan inspeksi pertama di Indonesia, peran PT Sucofindo tak perlu diragukan lagi.  BUMN ini sudah 57 tahun menyediakan layanan jasa pemastian di Indonesia bahkan sampai ASEAN.  Beragam kelompok jasa yang dihadirkan Sucofindo mulai dari Inspeksi dan Audit, Pengujian dan Analisa, Setifikasi, Konsultasi serta Pelatihan.
 
Sebagai bukti eksistensinya, Sucofindo pernah mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi.  Salah satunya  adalah penghargaan sebagai perusahaan terpercaya (Indonesia Trusted Company) dalam pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang dilakukan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan majalah SWA. Tak heran kalau Sucofindo menjelma menjadi perusahaan inspeksi yang  tidak saja diandalkan oleh pemerintah dalam menjalankan berbagai kebijakan strategis di lapangan, namun juga oleh berbagai industri mulai dari pertambangan, manufaktur, pertanian, perkebunan, kehutanan, produk konsumen serta komoditas dan industri lainnya.
 
  Seperti yang diungkapkan Mulyadi, Direktur Keuangan dan  Penunjang Proyek PT Krakatau Engineering bahwa Sucofindo dan perusahaannya saling membutuhkan.  Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Engineering, Procurement and Construction  (EPC), kontrak dasar, pemeliharaan industri dan juga dalam layanan konsultasi (Engineering, Studi dan Manajemen Proyek), anak usaha Krakatau Steel ini membutuhkan sertifikasi seperti Sistem Mutu (ISO 9001), Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001), Sistem Manajemen K3 (SMK3 dan OHSAS 18001) dan lain-lain.

“Kami membutuhkan pihak yang independen untuk mengukur kinerja perusahaan kami.  Dalam proses  itu, ada koreksi dan perbaikan-
Direktur Keuangan dan Penunjang Proyek PT Krakatau Engineering, Mulyadi
perbaikan yang harus  dilakukan oleh kami untuk peningkatan kinerja.  Jadi ada semacam petunjuk yang menuntun kami agar menjadi lebih baik,” kata Mulyadi.  Manfaatnya  sudah dirasakan

sendiri oleh PT Krakatau Engineering, perusahaan menunjukan tren yang sangat bagus.  “Dari segi penjualan, order dan kepercayaan bank semuanya menunjukan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” katanya.

Tak berbeda dengan PT Krakatau Engineering, PT Gapura Angkasa juga mengalami hal yang sama.  Churnia Satryawan, Vice President Pengendalian Mutu PT Gapura Angkasa menjelaskan Sucofindo sudah membantu Perusahaan yang bergerak dalam di bidang jasa penanganan operasi darat untuk pesawat udara (groundhandling) ini dalam membangun Sistem Manajemen Mutu.


 
Hasilnya seluruh layanan PT Gapura Angkasa semua berstandar.  “Sampai saat ini yang cukup membanggakan kami dengan layanan  berbasis Sistem Manajemen Mutu (SMM ) dari Sucofindo,  standar manajemen PT Gapura Angkasa diakui di tingkat nasional dan internasional,” kata  Churnia Satryawan.  Untuk tingkat nasional, secara berturut-turut mulai dari tahun 2010 hingga sekarang selalu mendapat penghargaan dalam ajang BSN Award yang diselenggarakan oleh Badan Sertifikasi Nasional.  Untuk tingkat internasional, PT Gapura Angkasa pada tahun 2009 mendapat ISAGO (IATA Safety Audit for Ground Operations) dari International Air Transport Association (IATA).
Churnia Satryawan, Vice President Pengendalian Mutu PT Gapura Angkasa  

“Apa yang dilakukan oleh Sucofindo juga merupakan prasyarat untuk mendapatkan sertifikasi internasional,” ungkap Churnia Satryawan.
 
Toni Warsono, Direktur SDM dan Pengembangan PT Wijaya Karya menilai Sucofindo adalah pihak yang tanggap dengan kebutuhan perusahaannya.  Hal ini dibuktikan Wijaya Karya pada tahun 2008, saat itu ada krisis dan perusahaan harus berhemat.  “Kami berdiskusi dengan pihak Sucofindo ingin melakukan Breakthrough 3-1.  Ini adalah program yang menggabungkan audit  sertifikasi ISO 14001, ISO 18001 dan ISO 9001 sekaligus dalam waktu bersamaan. Akhirnya kita melakukan itu dan kita bisa menghemat dana sebesar 50%,” Kata Toni.


Toni Warsono, Direktur SDM dan Pengembangan PT Wijaya Karya

Menurut Toni dengan sistem ini ada efisiensi waktu. Karena dalam aplikasi sistem yang diterapkan PT Wijaya Karya tidak hanya melihat dari temuan tapi sudah masuk ke level maturity (kedewasaan). “Sistem itu akan selalu ada perbaikan terus menerus dan perusahaan bisa dilihat dari maturitynya,” ungkap Toni. 


Beragam alasan mengapa perusahaan menetapkan Sucofindo sebagai lembaga sertifikasinya. PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) yang telah menggunakan jasa Sucofindo sejak tahun 1996 beralasan karena Sucofindo adalah perusahaan Indonesia yang paling besar dan terkenal dalam jasa sertifikasi sistem maupun produk.  

“Sucofindo memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan standarisasi di Indonesia serta memiliki program yang jelas dalam pengembangan sumber daya manusianya sehingga auditor dan personelnya memiliki kompetensi yang baik,” kata Gunarto Adhisampurno, Manager  QC PT SEIN.

Kekuatan brand perusahaan sertifikasi sangat penting karena turut memperkuat brand penggunanya. Gunarto mengharapkan agar Sucofindo tetap menjaga kepercayaan pelanggan, mengingat brand Sucofindo sudah sedemikian melekat di hati pelanggannya. ***