Sucofindo Dukung KAI Tingkatkan Pelayanan Publik

Kamis, 28 Februari 2013 | 16:58


PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggandeng PT Sucofindo (Persero) untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada pelanggannya. Kedua perseroan menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan sistem manajemen di lingkungan PT KAI. Nota tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT KAI (Persero), Ignasius Jonan dan Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Arief Safari, di Kantor PT KAI di Gambir, Jakarta (27/02).  
  Untuk meningkatkan kinerja mutu layanan dan keamanan bagi publik, PT KAI (Persero) akan melaksanakan berbagai program kerja. Terkait sistem manajemen, PT KAI akan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai standar nasional SMK3 maupun internasional OHSAS 18001, Sistem Manajemen
Mutu dan Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) sesuai peraturan yang dikeluarkan POLRI. Penerapan sistem tersebut akan didukung peningkatan kompetensi personel PT KAI, diantaranya pelatihan ISO, K3, MBNQA, auditor, dan pelatihan teknis lainnya.

Tidak hanya terkait sistem manajemen, kerjasama teknis operasional pun akan dilakukan. Kegiatan pengujian kelayakan instalasi dan jaringan listrik, alat angkat, kalibrasi alat ukur dan alat uji, pengendalian hama (pest control), sampai terkait isu lingkungan, seperti AMDAL, RKL/UPL, audit energi serta pemantauan dan pengukuran parameter lingkungan akan dilakukan bekerjasama dengan PT Sucofindo.

“Sucofindo siap membantu KAI melakukan kajian masalah sosial ekonomi masyarakat sepanjang jalur KA,” tambah Arief. Sucofindo juga akan membantu KAI dalam melakukan survei kepuasan pelanggan.


 
Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Arief Safari bersama Direktur Utama PT KAI (Persero), Ignasius Jonan pada acara penandatanganan MoU Peningkatan K3 dan Keamanan di Kingkungan PT KAI (Persero) di Jakarta (27/02)


PT Sucofindo dipercaya PT KAI karena PT Sucofindo memiliki pengalaman dan kredibilitas sebagai lembaga inspeksi, pengujian, pengkajian, pelatihan dan sertifikasi di berbagai bidang jasa. PT Sucofindo telah mengantongi berbagai akreditasi nasional dan internasional. Pengalaman pelatihan dan sertifikasi sistem manajemen, seperti ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, SMK3, Sistem Manajemen Pengamanan tidak diragukan lagi. Jasa inspeksi, pengujian dan pengkajian yang menjadi kebutuhan PT KAI pun akan dipenuhi untuk memastikan terpenuhinya persyaratan yang berlaku.

“Kerjasama ini merupakan bentuk nyata sinergi untuk saling memajukan BUMN,” kata Arief lagi. Pada kesempatan penandatanganan nota kesepahaman itu, Arief juga memaparkan kinerja keuangan Sucofindo hingga akhir Desember 2012.  Pendapatan operasi perseroannya tahun lalu mencapai Rp 1,5 trilyun atau naik 11,3% dari tahun 2011. Sedangkan laba bersih tahun 2012 mampu melebihi target yang ditetapkan dari Rp 30,72 milyar, tercapai Rp 50,2 milyar.


Ref: Siaran Pers No. 034.1/SP-III/CC/2013