Grup Sertifikasi SVLK Bersiap Diaudit

Selasa, 26 Februari 2013 | 09:00


Sejumlah anggota Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Solo yang tergabung dalam grup sertifikasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) terus menyiapkan diri untuk audit internal.Proses ini dijadwalkan dilakukan pada Maret sebagai persiapan audit eksternal. Ketua Asmindo Solo, David R Wijaya menjelaskan ada enam usaha yang membentuk grup sertifikasi.

Kelompok yang digadang - gadang menjadi proyek percontohan ini menamakan diri sebagai Usaha Bersama Kayu Resmi. Saat ini, grup sedang melakukan persiapan untuk diaudit secara internal oleh tim pendamping SVLK.

Masing - masing pengusaha, akan diaduit satu per satu. Walaupun pada audit eksternal nanti, audit dilakukan dengan metode sampling.

"Namun kami harus menyiapkan agar setiap grup siap untuk diaudit oleh auditor eksternal," papar dia saat ditemui, Senin (25/2).

Penerapan SVLK untuk produk furnitur sebenarnya baru akan diberlakukan pada awal 2014. Audit internal sengaja dilakukan sedini mungkin agar pengusaha bisa melakukan sejumlah perbaikan saat ditemukan adanya kesalahan.

Dengan demikian, pada saat audit eksternal semua pengusaha sudah benar-benar siap.

"Sekarang anggota grup sedang dalam tahap sinkronisasi izin perusahaan. Seluruh persyaratan perizinan sedang disiapkan untuk menuju proses audit. Bedanya alur dan birokrasi perizinan di masing - masing kabupaten atau kota cukup menyulitkan bagi pengusaha. Namun, apa boleh buat, pada saatnya internal audit jika masih ada anggota yang tidak siap akan kami tinggal," tegasnya.

Salah satu anggota grup sertifikasi, Zakky Riyan Isnaini menjelaskan internal audit dilakukan untuk memastikan pengusaha siap sebelum dilakukan audit oleh lembaga auditor.

Internal audit yang dijadwalkan pada Maret akan dilakukan oleh tim pendamping. Adapun lembaga audit yang akan menjadi auditor eksternal akan melibatkan Sucofindo.
( Astuti Paramita )

sumber http://www.suaramerdeka.com