Perluas Jangkauan Pasar, SUCOFINDO lakukan Audit AWT di wilayah ASEAN

Senin, 26 November 2012 | 12:27


Menguasai hampir 80% pasar di Indonesia dan dipercaya oleh International Livestock Export Pty.Ltd (ILE), Australia untuk lakukan audit kesejahteraan hewan, SUCOFINDO perluas jangkauan pasar jasa audit Animal Welfare & Traceability (AWT) di wilayah ASEAN.
  Foto: ILE
   
Sejak dikeluarkannya ketentuan WTO tentang kesejahteraan hewan dalam transaksi perdagangan hewan ternak hidup, kegiatan jasa audit AWT terus berkembang di pasar ASEAN. Negara-negara di wilayah ASEAN, yang memiliki kepentingan mengenai asal dan kaidah kesejahteraan hewan mewajibkan eksportir untuk memenuhi ketentuan tersebut.

“April lalu, kami dipercaya oleh International Livestock Export Pty.Ltd (ILE), Australia untuk melakukan audit AWT di Singapura,” tutur Koordinator Audit, A. Iskandar. Audit tersebut dilakukan terhadap pengelolaan hewan kurban di sebagian besar masjid yang termasuk dalam Jawatankuasa Korban Masjid-masjid Singapura (JKMS) atau Singapore Mosques Korban Committee.

Baru-baru ini, SUCOFINDO mendapat kepercayaan dari Australian Rural Exports Pty Ltd (AUSTREX) untuk lakukan audit AWT terhadap rantai pasokannya (supply chain) ke negara Malaysia dan Filipina. Kegiatan itu mencakup audit-inspeksi, mulai feedloter di Australia sampai dengan rumah potong hewan (RPH) di negara tujuan. Di wilayah Malaysia, yaitu di Sah Alam dan Air Hitam, audit AWT telah dimulai Agustus lalu dan dilanjutkan di bulan Oktober 2012. Sedangkan untuk rantai pasokan AUSTREX ke Filipina telah dilakukan pada awal Oktober 2012 dilanjutkan kembali pada awal November 2012.

Berkembangnya jasa audit AWT di wilayah ASEAN ditarget akan semakin bertambah. Permintaan audit, yang sebagian besar dari perusahaan livestock di Australia akan dipenuhi oleh SUCOFINDO. Di akhir tahun 2012, ditargetkan SUCOFINDO akan masuk ke Vietnam dan Brunei Darussalam. [oth]