UKM PERIKANAN minim didukung tempat pelelangan ikan

Jumat, 02 November 2012 | 10:10


Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menilai masih sedikitnya peran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai solusi pendaratan hasil tangkapan menandakan minimnya perhatian pemerintah terhadap pelaku perikanan skala kecil. Riza Damanik, Sekretaris Jenderal Kiara, mengatakan pembenahan sistem pencatatan tangkapan ikan tertinggal jauh dibandingkan upaya peningkatan produksi.
 
"Ini berdampak pada semakin terancamnya stok ikan nasional,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (1/11/2012).
 
Pada 2010, hanya sekitar 730.000 ton ikan hasil tangkapan yang didaratkan nelayan di TPI atau sekitar 13,77% dari total tangkapan dari tahun yang sama.
 
Padahal, produksi ikan Indonesia telah mengalami pertumbuhan, yakni pada 2011 sebesar 5,4 juta ton dan pada 2010 5,3 juta ton.
 
Dia menilai rendahnya pendaratan ikan di TPI semakin diperparah dengan belum maksimalnya penanganan penangkapan ikan ilegal, yang tidak dilaporkan dan tidak diatur.
 
Riza meminta pemerintah untuk merevisi model perikanan yang mereka dukung sekarang ini, agar lebih memprioritaskan perlindungan hak-hak nelayan tradisional, sebagai subyek dengan kontribusi besar dalam perikanan domestik.  (ra)

oleh Sepudin Zuhri
sumber http://www.bisnis.com