ASEI Gandeng MAS Clear Sight Garap Proyek Ekspor

Jumat, 28 September 2012 | 08:49


Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) melalui anak usahanya, Asei Bina Holding (ABH) menggandeng MAS ClearSight Ltd menggarap proyek-proyek pemerintah dan BUMN yang terkait ekspor."Ini sebuah kolaborasi internasional yang pertama kali dilakukan ASEI lewat anak perusahaan," ujar Zaafril Razief Amir, Direktur Utama ASEI dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Framework Agreement dengan MAS Clearsight Ltd dan PKS Heads of Agreement antara PT Sucofindo dan MAS Celarsight Ltd di Jakarta, Kamis (27/9/2012).

Dia menyampaikan kerjasama dengan perusahaan investment banking asing dari Uni Emirat Arab (UEA) ini untuk mendukung anak usaha ASEI, yaitu ABH yang berada di Singapura dalam mencari pendanaan luar negeri dan bertindak sebagai advisor bagi ABH dalam menyalurkan dana. Sementara ASEI akan bertindak sebagai penerbit financial guarantee atas penerimaan dana dari pihak investor kepada ABH.

MAS ClearSight Ltd sebagai banking advisor dan sekaligus arrangger bagi ABH sehingga bisa mempereh dana yang diperlukan (funding rising) untuk memenuhi kebutuhan pendanaan eksportir. "Sedang dana yang diperoleh tersebut digunakan untuk memberikan fasilitas diskonto wesel ekspor kepada nasabah ASEI dan untuk membiayai proyek-proyek pemerintah," kata Zaafril.

Dia mengakui dalam waktu dekat sudah ada beberapa proyek yang akan dicarikan pendanaannya. Adapun batas funding rising proyek mencapai US$500 juta, baik proyek di dalam negeri maupun di luar negeri.

Yang menarik dari kerja sama ini adalah keterlibatan Sucofindo sebagai Asset Collateral Management, yaitu sebagai pengamanan dan pengawasan atas kualitas mulai dari barang baku masuk sampai dengan barang jadi keluar dari pabrik diawasi sepenuhnya oleh Sucofindo. "Tujkuannya adalah untuk memastikan terjaganya barang baik dari segi kualitas maupun kuantitas," tuturnya. [ast]


Oleh: Charles MS
sumber http://ekonomi.inilah.com