ENERGI CBM: Sucofindo realisasikan proyek analisis CBM

Selasa, 28 Agustus 2012 | 07:27


BUMN auditor dan surveyor, PT Sucofindo, merealisasikan proyek analisis untuk coal bed methane (CBM) di Sumatra.Direktur Utama Sucofindo Arief Safari dalam acara halal bihalal manajemen perusahaan ini dengan media mengatakan proyek ini merupakan pengembangan usaha Sucofindo untuk mendukung eksplorasi energi terbarukan pengganti migas.

"CBM sudah mulai banyak dikembangkan dan Sucofindo mengambil peran lebih maju dengan menjadi perusahaan untuk bisa menganalisis potensi sumber energi baru ini," ujarnya hari ini, Senin (27/08/2012).

Untuk mendukung proyek analisis CBM, Arief mengatakan pihaknya telah meluncurkan laboratorium bergerak (mobile laboratorium) dan memusatkan laboratorium di Cibitung.

Sedikitnya, 22 personel telah menerima pelatihan mengenai CBM Gas Testing and Risk Assesment yang disampaikan oleh Tim Moore, Jane Shearer and Chris Nelson dari Cipher Coal Consulting Limited, Australia. Tim proyek pun akan didampingi oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam hal CBM.

Perangkat operasional CBM dikemas dalam Sucofindo Mobile Laboratory (Sucofindo MobLab), sebuah kendaraan berbentuk kontainer berukuran 20 kaki (feet) yang dilengkapi dengan fasilitas laboratorium.

Ada 2 (dua) unit Sucofindo MobLab yang telah diluncurkan dan siap dioperasikan di lapangan. Satu unit MobLab berfungsi sebagai laboratorium analisa gas yang dilengkapi dengan ruang timbang, ruang analisa dan ruang kerja/reporting.

Peralatan analisa, seperti  Top Loading Balance, Analytical Balance,  Manometer,  Alat Gas Chromatography, Canister dan Water batch tersedia lengkap dalam MobLab ini. Sedangkan unit lainnya diperuntukan bagi ruang istirahat tim operasional CBM.

Dalam satu hari, kapasitasnya bisa mencapai 40 sampel. Uji analisa yang dapat dilakukan meliputi analisa kandungan (Gas content) dan komposisi gas (Gas composition).  (arh)

oleh Mulia Ginthing Munthe / Aprika R. Hernanda
sumber:  http://www.bisnis.com