Walikota: e-KTP Pencegah Pemalsuan dan Penggandaan Identitas

Rabu, 27 Juni 2012 | 09:57


Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk melakukan perekaman sidik jari sambil melaunching penerapan pelayanan e-KTP bagi masyarakat di daerah setempat, Kamis (21/6) di TPDK Kecamatan Sibolga Kota.Saat ini, seluruh TPDK Kecamatan telah dilengkapi fasilitas dan peralatan perekaman data kependudukan secara elektronik, sehingga masyarakat wajib KTP sudah dapat melakukan proses perekaman di masing-masing TPDK di Kota Sibolga.

Menurut Walikota, penerapan pelayanan e-KTP tersebut dilaksanakan atas lahirnya UU No. 23/2006 tentang administrasi kependudukan sebagai langkah awal bagi Negara untuk melakukan penertiban terhadap dokumen kependudukan dan pembangunan basis data kependudukan.

"Di dalam e-KTP, terdapat ruang yang memuat kode keamanan dan rekaman elektronik pencatatan peristiwa penting. Untuk mewujudkannya, diperlukan dukungan teknologi yang dapat menjamin tingkat akurasi tinggi, ketunggalan identitas seseorang dan kartu identitas yang memiliki metoda autentikasi kuat dan pengamanan data untuk mencegah pemalsuan dan penggandaan," ujar Syarfi Hutauruk.

Penerapan pelayanan e-KTP ini merupakan langkah strategis bagi Pemko Sibolga menuju tertib administrasi kependudukan yang mengamanatkan adanya identitas tunggal bagi setiap penduduk. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari proses pemutakhiran data kependudukan dan penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK), di mana, Kota Sibolga masuk dalam tahap kedua di tahun 2012 bersamaan dengan 300 kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Dalam e-KTP, sebut Walikota, sistem pengamanan yang digunakan meliputi, sidik jari, iris mata, bentuk wajah, dan tanda tangan digital. Semua data tersebut telah disimpan dalam chip yang tertanam dalam kartu. Jauh hari sebelumnya, Pemko Sibolga telah melakukan beberapa tahapan persiapan, pada tahun 2010 dilakukan pemutakhiran data penduduk, kemudian penerbitan surat pemberitahuan nomor induk kependudukan (NIK) pada tahun 2011 sembari melakukan sosialisasi terhadap aparat pemerintah dan masyarakat, serta sosialisasi melalui media massa cetak dan elektronik sekaligus menyiapkan SDM pelaksananya.

"Total wajib KTP di Kota Sibolga tercatat sebanyak 67.048 jiwa yang secara keseluruhan telah disampaikan surat undangan/pemanggilannya melalui Camat, untuk disampaikan kepada Lurah yang kemudian didistribusikan kepada penduduk. Surat tersebut adalah dasar melakukan proses perekaman data elektronik penduduk di masing-masing TPDK Kecamatan sebagai syarat mendapatkan e-KTP yang dicetak oleh pemerintah pusat," beber Syarfi.

Ia juga mengajak para Camat dan Lurah dapat memobilisasi penduduk wajib KTP ke masing-masing TPDK Kecamatan. "Kami juga mengharapkan, penduduk wajib KTP datang ke TPDK karena proses perekaman data elektronik dan penerbitan e-KTP tidak dipungut biaya apapun alias gratis," pungkasnya.

Walikota menambahkan, seluruh tim kerja pelayanan yang terlibat untuk serius menjalankan tugasnya, karena parameter keberhasilan program tersebut adalah kuantitas banyaknya data biometrik penduduk yang terekam ke dalam database AFIS (Automated Fingerprint Identification System) e-KTP.

Perekaman

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Sibolga, Charli Sinambela melaporkan, pelaksanaan perekaman data e-KTP sudah dapat dilakukan di setiap TPDK kecamatan se Kota Sibolga. Untuk memberhasilkan kegiatan perekaman itu, telah ditempatkan masing-masing sebanyak empat orang tenaga operator dan dua orang tenaga pendukung register yang didukung 2 set perangkat peralatan perekaman e-KTP di setiap TPDK Kecamatan.

"Dalam menjalankan tugasnya, tenaga operator akan didampingi oleh tenaga ahli dari PT SUCOFINDO selaku anggota Konsorsium pelaksana program nasional e-KTP. Petugas pendamping akan membantu operator jika menemukan kendala saat mengoperasikan perangkat perekaman. Para operator dan tenaga pendamping akan bekerja penuh selama empat bulan hingga Oktober 2012," beber Charli.

Hadir pada kesempatan itu, Sekdako Sibolga M Sugeng, Ketua TP PKK Sibolga Hj Delmeria Harun Syarfi Hutauruk br Sikumbang, Ketua DPRD Sibolga Sahlul Umur Situmeang, Kapolresta Sibolga AKBP Joas Feriko Panjaitan SIK, Ketua PN Sibolga Yosdi SH, pimpinan SKPD, Camat dan Lurah se Sibolga. (yan)

sumber http://www.analisadaily.com