Bupati Launching e-KTP 2012

Jumat, 15 Juni 2012 | 10:47


Pemerintah Kabupaten Pontianak resmi melaksanakan program Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (e-KTP) 2012. Launching realisasi program tersebut dilakukan Bupati Pontianak H Ria Norsan, Selasa (12/6) pagi, di Kecamatan Mempawah Hilir.Usai melakukan launching program tersebut, Norsan menjadi orang pertama di Kabupaten Pontianak yang mendata dirinya dalam program itu. Kemudian disusul Wakil Bupati Pontianak H Rubijanto dan Sekda Gusti Ramlana.

“Pemerintah Kabupaten Pontianak sangat antusias menyambut program e-KTP ini. Realisasi program ini sangat penting dalam rangka menjamin akurasi data kependudukan di masyarakat,” kata Norsan.

Menurut Norsan, e-KTP dapat menghilangkan berbagai potensi-potensi penyimpangan di masyarakat, terkait data kependudukan. Misalnya penyimpangan dalam bentuk pemalsuan data, penipuan, maupun penggandaan identitas diri.

“Mudah-mudahan program ini dapat direalisasikan dengan baik di masyarakat, tanpa ada kendala atau permasalahan nantinya. Serta dapat direalisasikan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” harapnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pontianak Jailani menjelaskan, realisasi program e-KTP di Kabupaten Pontianak sebanyak 205.588 jiwa. Dengan target kerja yang ditetapkan pemerintah yakni selama 120 hari atau empat bulan ke depan hingga Oktober 2012.

“Untuk mencapai target dan realisasi pelayanan yang maksimal di masyarakat, kami akan menempatkan 47 tenaga operator. Mereka akan berbagi tugas di Kantor Dukcapil dan sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Pontianak,” paparnya.

Mantan Kadis Parbudpora ini menambahkan, dalam melaksanakan tugasnya, tenaga operator itu akan didampingi oleh tenaga ahli dari PT Sucofindo selaku anggota konsorsium pelaksana program nasional e-KTP.

“Pendamping ini akan bertugas membantu operator jika menemukan kendala di lapangan. Para pendamping akan bekerja penuh selama empat bulan hingga program ini direalisasikan dengan baik,” ujarnya.

Bukan hanya itu, timpal Jailani, dalam mendukung realisasi program e-KTP di Kabupaten Pontianak itu, pihaknya akan didukung dengan dua set perangkat komputer. Realisasi ini akan dilaksanakan secara menyeluruh di sembilan kecamatan.

“Tahun lalu program e-KTP di Kalimantan Barat telah dilaksanakan di empat kabupaten/kota. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2012 ini di sepuluh kabupaten/kota yang ada. Dan Kabupaten Pontianak menjadi daerah pertama yang mengawali pelaksanaan program tersebut,” pungkasnya.

Camat Mempawah Hilir Suwanda mengatakan setelah launching tersebut dilaksanakan pihaknya akan langsung memulai operasional e-KTP. Pihaknya telah menetapkan Kelurahan Tanjung menjadi daerah pertama yang akan direkam data warganya.

“Di Kelurahan Tanjung terdapat sekitar 700 orang wajib KTP. Kita akan mengundang seratus warga setiap harinya untuk direkam data dirinya. Sistem pendataannya yakni pagi hari 50 orang dan sisanya pada sore hari,” singkatnya. (shn)

sumber http://www.equator-news.com