Menteri ESDM Buka Konferensi Batubara Asia 2012

Selasa, 05 Juni 2012 | 09:46


MENTERI Energi dan Sumberdaya Mineral, Jero Wacik, dijadwalkan membuka pelaksanaan Asia Coaltrans Conference 2012 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali hari ini.Konferensi tahunan industri batubara kawasan Asia yang direncanakan akan berlangsung hingga 6 Juni ini dihadiri sekitar 2.000 peserta, terdiri dari perusahaan yang terkait dengan pertambangan batu bara dari India, Australia, Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, China, Jepang, dan sejumlah negara lainnya serta tuan rumah Indonesia.

Sejumlah permasalahan terkait industri tambang batu bara dan aspek sosial bagi masyarakat di sekitar tambang juga akan dibahas dalam konferensi yang difasilitasi Asosiasi Pengusaha Batu Bara Indonesia (APBI).

Pada konferensi ini, Jero Wacik akan memberikan pemaparan mengenai kebijakan ketahanan energi yang diterapkan pemerintah, terutama sejak pencanangan program penghematan BBM oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pekan lalu.

Jero juga akan memanfaatkan ajang konferensi ini untuk mengimbau pengusaha tambang batu bara di Tanah Air dan juga kawasan regional Asia lebih peduli pada masyarakat di sekitar tambang. “Pengusaha tambang batu bara harus peduli pada lingkungan alam dan masyarakat sekitar daerah operasional tambang mereka,” katanya kepada Jurnal Nasional di Nusa Dua, Minggu (2/6).

Selain Menteri ESDM, pejabat terkait bidang pertambangan juga akan ikut memaparkan strategi dan peluang investasi batu bara. Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Thamrin Sihite yang akan memaparkan kebijakan pemerintah di bidang tambang batu bara serta jaminan keamanan bagi para investor tambang yang ingin memasuki bidang investasi ini.

Disamping itu, Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara, Nur Pamudji, juga akan berbicara mengenai pemanfaatan batu bara sebagai sumber energi pada proyek pembangkit listrik di Indonesia serta strategi PLN menghadapi peluang di 2013.

Gubernur Kalimantan Tengah, Teras Narang juga akan berbicara pada konferensi yang telah dilaksanakan untuk ke-18 kalinya ini. Narang akan mengangkat isu tingkat produksi batu bara dan infrastruktur yang disiapkan oleh daerah bagi para investor batu bara.

Selain menggelar konferensi dan pameran industri pertambangan batu bara Asia dan Indonesia, ajang Asia Coaltrans Conference ini juga diisi kegiatan turnamen golf, tenis, dan pertandingan futsal amal yang dilakukan oleh para pengusaha tambang peserta konferensi.

oleh ROMEO GACAD / AFP
sumber http://www.jurnas.com