Transaksi inacraft diharapkan naik 15 persen

Senin, 30 April 2012 | 09:46


Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan transaksi yang akan dihasilkan dari stan Kemendag yang turut serta pada acara Indonesia International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2012 akan naik 15 persen dibanding tahun sebelumnya."Kami telah berpartisipasi dalam pameran ini sejak 2008, dan setiap tahun hasil transaksi meningkat signifikan," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Gusmardi Bustami, di Jakarta, Rabu.

Gusmardi memaparkan, transaksi yang dihasilkan seluruh stan Kemendag pada tahun 2011 mencapai Rp1,4 miliar, atau meningkat dari Rp857,4 juta pada keikutsertaan tahun 2010.

Sedangkan untuk pameran Inacraft pada tahun 2012 ini, ujar dia, Kemendag menargetkan total transaksi akan naik hingga 10 - 15 persen dibanding transaksi tahun lalu.

Pada pameran INACRAFT yang ke-14 ini, Kemendag mengambil tema "Trade with Remarkable Indonesia", dengan produk-produk yang dipamerkan antara lain kerajinan tangan, tekstil dan produk tekstil, sepatu dan alas kaki, pakaian, dan produk kreatif (produk multi fungsi), yang 100 persen bahannya berasal dari sumber daya alam Indonesia.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag mengatakan, industri kerajinan termasuk dalam industri kreatif yang berpotensi untuk terus dikembangkan karena diminati oleh pasar dalam dan luar negeri, terbukti dengan terus naiknya nilai ekspor produk tersebut.

Berdasarkan data Kemendag, nilai ekspor produk kerajinan pada 2010 mencapai 614,3 juta dolar AS atau meningkat 8 persen dibandingkan tahun 2009 yang senilai 568,8 juta dolar AS.

Sementara nilai ekspor produk kerajinan pada tahun 2011 juga meningkat 7,37 persen dibandingkan tahun 2010, yaitu mencapai 659,5 juta dolar AS.

"Kami berharap pameran ini dapat mengenalkan produk kerajinan Indonesia lebih jauh baik kepada masyarakat Indonesia maupun konsumen asing, yang pada akhirnya akan mengarah pada peningkatan kesejahteraan para pelaku usaha terkait dengan sektor kerajinan ini," katanya.

Ia juga mengatakan, dalam mensukseskan pameran Inacraft kali ini, Kemendag melalui 19 Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan 25 Atase Perdagangannya juga melakukan penjaringan buyer di luar negeri untuk hadir dalam pameran ini.

Sumber http://www.antaranews.com