PT Sucofindo (Persero) Mendukung Bank Danamon Dalam Trade Commodity Finance sebagai Collateral Manager

Kamis, 12 April 2012 | 15:41


Bertempat di Menara Danamon, PT Sucofindo (Persero), (“Sucofindo”) dan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (“Danamon”) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama tentang Kegiatan Pemeriksaan, Pemantauan dan Pengelolaan Barang Agunan pada tanggal 10 April 2012.
Secara simbolis, Danamon diwakili oleh Direktur Pradip Chhadva, sementara itu Sucofindo diwakili oleh Soleh Rusyadi M., Kepada Divisi PJKSP.

Melalui penandantanganan ini, Danamon, sebagai bank terbesar kelima di Indonesia, berharap dapat meningkatkan penyaluran fasilitas kredit berbasis agunan komoditas dengan menggandeng Sucofindo sebagai Collateral Manager. Fasilitas Trade Commodity Finance pembiayaan perdagangan komoditas Danamon pada tahap awal akan focus pada produk minyak kelapa sawit (CPO), batubara, karet dan kopi. Produk pembiayaan ini menawarkan kemudahan bagi para pelaku industri komoditas karena dapat memberikan fasilitas kredit dengan menggunakan inventory komoditas mereka sebagai agunan utama, tanpa perlu menjadikan aset mereka sebagai agunan. 

Produk Trade Commodity Finance ini akan memberikan kemudahan untuk para nasabah yang bergerak di bidang perdagangan komoditas. Danamon sebagai kreditur juga mendapat kepastian penggunaan fasilitas kredit (dan menghindari side-streaming) disamping juga makin memperkaya alternatif fasilitas kredit yang dapat ditawarkan oleh Bank.

Bagi Sucofindo, kerjasama dengan Danamon diharapkan dapat meningkatkan akselerasi keterlibatan perbankan nasional dalam skema Collateral Management, setelah sebelumnya aplikasi Collateral Management lebih banyak melibatkan bank asing, khususnya yang berkantor di Singapore. Sucofindo dengan titik layanan di lebih dari 45 cabang berharap dapat bersinergi dengan Danamon dengan jaringan di lebih dari 3000 kantor cabang dan point of sales di seluruh Indonesia. Sucofindo dan Danamon berharap dapat meningkatkan aktifitas perdagangan yang pada akhirnya menyumbang devisa bagi bangsa.(irs-coe_cts)





mou 01.jpg