Kemenperin Bentuk Sertifi kasi Kantong Plastik

Senin, 26 Maret 2012 | 09:25


Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Toeti Rahayu, mengatakan hingga saat ini belum ada lembaga resmi yang berhak memberikan sertifikasi terhadap produk kantong plastik ramah lingkungan (degradable). Ini terjadi karena belum tersedianya lembaga sertifi kasi yang telah mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN)"Untuk kantong belanja plastik, saat ini belum ada lembaga sertifi kasi ekolabel dan lembaga sertifi kasi produk yang terakreditasi KAN," kata dia, di Jakarta, Selasa (20/3).

Menurutnya, tahun lalu, Kemenperin sudah menerbitkan SNI kriteria ekolabel (ramah lingkungan) untuk kantong belanja plastik dengan nomor SNI 7188: 2011 (Kriteria ekolabel bagian 7: Kategori produk kantong belanja plastik). Terkait hal tersebut, dalam waktu dekat, Balai Besar Industri Pulp dan Kertas (BBIPK) akan mengajukan akreditasi ke KAN untuk dapat memberikan sertifi kasi ekolabel produk kantong plastik.

Kepala BBIPK, Ngakan Timur Antara, mengungkapkan setelah mendapat akreditasi dari KAN, lembaganya bisa memberikan sertifi kasi ke produk kantong plastik. Selama ini, lembaganya baru memberikan sertifi kasi ekolabel untuk kertas dan bubur kertas. suh/E-3


Sumber http://koran-jakarta.com