PRODUK STANDAR: Waspada ya, di Jatim ada 45 jenis barang tak penuhi standar

Kamis, 23 Februari 2012 | 08:26


Sebanyak 45 jenis barang dari 22 komoditas yang tidak memenuhi standar beredar di Jawa Timur sepanjang 2011.Budi Setiawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, mengatakan sebagian besar dari barang tersebut merupakan produk elektronik dan telematika.

 â€œProduk elektronik dan telematika seperti kipas angin dan telepon seluler menyumbang sekitar 5%-7%, sedangkan produk pangan sedikit, salah satunya sosis,” katanya di sela-sela inspeksi mendadak pengawasan barang beredar, Rabu 22 Februari 2012.

 Dia menuturkan produk elektronik dan telematika merupakan dua produk nonpangan yang pengawasannya diperketat karena jika tidak sesuai standar yang berlaku dapat mencelakakan konsumen.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krishnamurti yang juga hadir dalam sidak tersebut mencurigai bahwa masih banyak peredaran produk pangan maupun nonpangan yang tidak memenuhi ketentuan pemerintah di pasaran.

“Maka dari itu, kami berupaya melakukan pengawasan berkesinambungan sehingga pelaku usaha juga terdorong untuk meningkatkan daya saing dengan menghasilkan produk sesuai SNI dan menciptakan iklim usaha yang sehat,” jelasnya.

Dalam sidak itu, ditemukan 3.450 batang produk baja tulangan beton, 360 batang merk HKA P8, serta  794 batang baja keperluan umum yang diduga belum sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, diamankan pula helm pengendara motor yang tidak memenuhi standar kualitas sebanyak total 394 unit.

 Untuk menindaklanjuti temuan tersebut, Bayu mengungkapkan, telah dilakukan pembuatan berita acara pengamanan barang bukti dan berita acara penitipan barang bukti kepada pelaku usaha.

 â€œsetelah itu mereka akan dipanggil untuk melakukan klarifikasi dan akan dilakukan langkah-langkah pembinaan dan penegakan hukum yang sesuai UU yang berlaku,” tegas Bayu. (ea)



Oleh Bunga Citra Arum Nursyifani
Sumber http://www.bisnis.com/