Impor Gula akan Bertahap Dikurangi

Rabu, 28 Desember 2011 | 16:02


Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pemerintah secara bertahap akan mengurangi gula impor untuk kebutuhan dalam negeri. "Pihaknya secara bertahap mengurangi kebutuhan gula impor. Namun akan berupaya menggenjot produksi gula dalam negeri," kata Gita di Denpasar, Bali, Sabtu (24/12).

Di sela-sela meninjau pembangunan revitalisasi Pasar Agung, Kota Denpasar itu, ia mengatakan, dengan pengurangan impor gula, warga juga diharapkan untuk dapat mengurangi konsumsi gula.

"Sebenarnya impor gula dilakukan karena permintaan gula di masyarakat cukup tinggi. Karena itu mau tidak mau kita harus melakukan impor gula putih tersebut," ujarnya.

Agar bisa mengurangi impor gula tersebut, kata dia, warga masyarakat juga diminta mengurangi kebutuhan akan gula dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

"Saya minta juga kepada warga masyarakat mengurangi kebutuhan gula. Lagi pula kalau banyak-banyak mengkonsumsi gula bisa mengganggu kesehatan, seperti penyakit diabetes," ucapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan data menunjukan konsumsi gula per orang lebih banyak dari warga negara di banyak negara lain. "Kalau ini bisa disikapi, saya berfikir akan mengubah pola konsumsi gula, maka bisa saja mengurangi atau meniadakan impor," katanya.

Dikatakan, hal ini sebagai penyikapan terhadap konsumsi gula dalam negeri yang terus naik sehingga tidak hanya perlu dipikirkan dari sisi suplai saja, melainkan juga sisi kebutuhan untuk dipikirkan. (Ant/OL-04)

Sumber Berita : http://www.mediaindonesia.com