Agar Kuat Berkompetisi, UKM Butuh Teknologi

Selasa, 27 Desember 2011 | 09:08


Pebisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) saat ini dipandang perlu semakin giat memanfaatkan teknologi. Hal ini perlu agar UKM bisa meningkatkan daya saing mereka di era persaingan global.Hal itu dikemukakan Sandy Lumy, Country General Manager, Lenovo Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi. Salah satu yang perlu dilakukan UKM, ujar Sandy, adalah membangun reputasi dan kehadiran online.

Saat ini, bahkan pengusaha di tingkat UKM pun tak jarang harus bersaing dengan pengusaha yang berasal dari negeri lain. Persaingan di tingkat global itu mau tidak mau terjadi karena makin luasnya pemanfaatan internet.

Dengan memanfaatkan teknologi dan membangun merek online, Sandy berharap komunitas UKM di Indonesia bisa semakin sukses dalam bisnis mereka. Hal itu pula yang mendorong Lenovo untuk menggelar kerjasama dengan kalangan UKM.

Beberapa yang sudah dilakukan Lenovo adalah melalui sebuah acara bersama Microsoft dan Business Opportunity Club. Acara yang digelar di Jakarta dan Yogyakarta itu masing-masing menghadirkan 100-an peserta dari kalangan UKM.

Di Surabaya, Lenovo dan Microsoft menggelar acara dengan menggandeng Komputek, beberapa ISP lokal serta Forum Daerah UKM Jawa Timur (Forda Jatim). Acara ini menghadirkan 150-an peserta.

Satu lagi, Lenovo juga menggandeng Sucofindo. Bersama-sama Intel, mereka menggelar pertemuan berkala di Jakarta, Surabaya dan Medan bagi mitra UKM Sucofindo.

Nur Cahyudi, Ketua Forda Jatim, mengatakan pelaku teknologi global seperti Lenovo memang perlu merangkul UKM. "Kami berharap, kerjasama seperti ini akan berlanjut di masa yang akan datang," tuturnya.

Tentunya, Lenovo memanfaatkan kegiatan-kegiatan itu untuk memperkenalkan teknologi mereka. Termasuk beberapa penawaran khusus UKM seperti modem 3G USB gratis untuk pembelian Lenovo Think Classic atau SMB Start Up Combo untuk ThinkPad Edge dan ThinkCentre Edge.

 
Sumber Berita : http://tekno.kompas.com