Rumah ramah lingkungan harus punya sertifikat

Selasa, 13 Desember 2011 | 07:46


Green Building Council Indonesia (GBCI) akan meluncurkan sertifikasi baru pada 2012 untuk perumahan yang ada di Tanah Air.Salah satu pendiri GBCI Bintang Nugroho mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kriteria-kriteria baru untuk sertifikasi perumahan tersebut. Menurutnya setidaknya ada enam kriteria sertifikasi untuk perumahan yang ramah lingkungan.

Adapun enam kategori tersebut yakni kesesuaian lahan, hemat energi, hemat air, kenyamanan dan kesesuaian udara dengan ruang, bahan bangunan dan environmental building management seperti pengelolaan air dan sampah.

“Sertifikasi yang ada saat ini yaitu untuk bangunan baru, bangunan yang sudah terbangun dan interior space. Saat ini kami sedang menyiapkan sertifikasi perumahan, bocorannya angka tertinggi yaitu pada perumahan yang banyak menyediakan jalur pejalan kaki, memiliki track tersendiri dan tidak harus di pinggir jalan karena sebuah kota yang nyaman adalah kota yang nyaman untuk pejalan kaki,” kata Bintang.
 
Menurut Bintang sertifikasi yang dilakukan bersifat suka rela bagi pihak yang ingin mendapatkan sertifikasi. Tetapi, sambungnya, meskipun bersifat suka rela tentu pasarlah yang akan menilai.

“Banyak pihak yang mengklaim bangunannya memenuhi green building. Tentu pasar nanti yang dapat menilai sendiri mana pihak yang mengklaim sendiri dan pihak yang mendapatkan sertifikasi green dari GBCI. GBCI sendiri merupakan lembaga independen yang non profit,” imbuhnya. (arh)


Oleh Siti Nuraisyah Dewi
Sumber Berita : http://www.bisnis.com