Jelajah SNI untuk Negeri Diawali di Cirebon

Rabu, 23 November 2011 | 07:08


Sosialisasi Standar Nasional (SNI) yang dilakukan Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui kegiatan jelajah SNI untuk Negeri diawali dari Kota Cirebon."Kegiatan yang difokuskan untuk kalangan UMKM ini dilakukan di delapan kota yakni Cirebon, Solo, Sidoarjo, Bandar Lampung, Pekan Baru, Medan, Makassar dan Manado,"Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi, Tisyo Haryono di Cirebon.

Rangkaian acara di Kota Cirebon tim Jelajah SNI melakukan pertemuan dengan kalangan bikers, city rolling, workshop SNI ISO 9001:2008 untuk UMKM dan Business Gathering Industry.

Pada kesempatan itu, komunitas bikers di wilayah Kota Cirebon, berkomitmen untuk mendukung Gerakan Penerapan SNI (Genap SNI) yang dilakukan oleh BSN. Dukungan ini disampaikan oleh tiga komunitas bikers terbesar di Kota Cirebon yaitu: Tiger Cirebon Community, Yamaha Matic Ladies Community dan Suzuki Thunder Innovation Community pada acara kopi darat, Sabtu (19/11). Acara yang digelar di Jalan Cipto mendapat sambutan yang positif dari para bikers, terutama dengan diterapkannya secara wajib SNI untuk helm pengendara sepeda motor.

Menurut Tisyo, komunitas bikers merupakan mitra BSN yang berdiri di garis depan untuk bahu-membahu membantu BSN mensosialisasikan penggunaan helm ber-SNI. Bagi kalangan bikers, lanjut dia, helm bertanda SNI merupakan persyaratan wajib yang harus dimiliki oleh anggota komunitas pengendara sepeda motor.

Sementara itu, Donny dari Tiger Cirebon menyatakan, Dalam komunitasnya memberlakukan secara ketat bagi anggota untuk menggunakan helm SNI dalam setiap kegiatan club. " jika melanggar akan ada sanksi berat dan biisa dikeluarkan dari club” katanya.

Tisyo menambahkan, selain helm ada juga produk ber SNI yang akrab dengan kalangan bikers yaitu ban kendaraan, baik ban dalam maupun ban luar juga wajib menggunakan SNI. Kegiatan ini mendapat dukungan Masyarakat Standardisasi Nasional Indonesia (MASTAN) Jawa Barat yang ikut hadir dalam kegiatan ini.

Pimpinan DPW MASTAN Jawa Barat, A. Bagaswanto, menyampaikan apresiasi kepada para bikers Cirebon yang berkomitmen untuk mendukung Genap SNI. Dia berharap peran serta bikers untuk menjadi anggota Mastan dalam kegiatan perumusan standar terutama terkait dengan sepeda motor dan perlengkapannya.

Acara dengan komunitas bikers ditutup dengan City Rolling sebagai kampaye penggunaan helm ber-SNI yang diikuti oleh perwakilan seluruh komunitas bikers di Cirebon. (A-146/A-147)***

Sumber Berita : http://www.pikiran-rakyat.com/