Merck dan Sucofindo Bersinergi Tingkatkan Komitmen Penanganan Bahan Kimia untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kamis, 10 November 2011 | 14:35


PT Merck Tbk. perusahaan farmasi dan kimia dari Jerman, sebagai perusahaan yang bertanggungjawab, secara konsisten memenuhi komitmennya dalam peningkatan kompetensi melalui edukasi. PT Merck Tbk. melalui Divisi Merck Millipore bekerjasama dengan laboratorium PT Sucofindo (Persero) akan melakukan kerjasama berbagi pengalaman dan informasi terkini dalam penanganan bahan kimia di tempat kerja.PT Merck Tbk. dan PT Sucofindo (Persero) menandatangani nota kesepahaman kerjasama dibidang Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3), Pengelolaan Bahan Kimia. Penandatanganan dilakukan oleh Markus Bamberger, Presiden Direktur PT Merck Tbk dan Arief Safari Presiden Direktur PT Sucofindo (Persero) bertempat di Kantor Sucofindo, Selasa 10 November 2011.  Turut mendampingi Sumonta Achachotipong, Direktur Divisi Bahan Kimia, PT Merck Tbk.

Kerjasama ini diimplementasikan dalam bentuk workshop yang diberi nama Chemical Safety in Sucofindo’s Laboratories (ChemSAFE). ChemSAFE ini akan melibatkan 52 laboratorium Sucofindo di seluruh Indonesia, dan dilaksanakan di 24 lokasi yaitu  Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Batam, Pekanbaru, Kepulauan Riau, Bandar Lampung, Cibitung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Makassar dan Papua, dengan melibatkan sekitar 300 karyawan laboratorium dan sejumlah karyawan dari bagian terkait.

Markus Bamberger, Presiden Direktur PT Merck Tbk. mengatakan, “Kerjasama ini merupakan perwujudan tanggung jawab dan komitmen kami yang sejalan dengan ISO 14001 dan OHSAS 18001, serta penerapan prinsip Kebijakan Sistem Manajemen Lingkungan Keselamatan Kesehatan Kerja (SMLK3) untuk memberikan edukasi kepada pelanggan dalam pengelolaan bahan kimia berbahaya. Bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kompetensi, serta mengurangi resiko kecelakaan di lingkungan kerja, kerjasama ini juga sejalan dengan filosofi PT Merck Tbk.

untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik (To live a better life)”
Arief Safari, Presiden Direktur PT Sucofindo (Persero) menambahkan, pihaknya menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk sinergi antara Sucofindo sebagai lembaga testing laboratory terbesar di Indonesia dengan Merck Tbk sebagai perusahaan farmasi dan kimia tertua di dunia dimana Sucofindo juga sebagai salah satu pengguna produknya.

Tentang Merck

Merck merupakan perusahaan farmasi dan kimia dengan total pendapatan € 9,3 milyar pada tahun 2010, sebuah sejarah yang dimulai pada tahun 1668, dan masa depan yang dibentuk oleh lebih dari 40.000 karyawan di 67 negara. Kesuksesan Merck ditandai dengan beragam inovasi para karyawan yang berjiwa pengusaha. Merck beroperasi dibawah payung Merck KGaA, dimana keluarga Merck memegang 70% saham dan publik memegang 30%. Pada 1917 di Amerika, anak perusahaan  yang bernama Merck & Co memisahkan diri dan sejak itu menjadi perusahaan mandiri. Anda dapat mengunjungi www.merck.de untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kantor pusat kami.

Di Indonesia, PT Merck Tbk., didirikan pada 14 Oktober 1970. Perseroan menjual sahamnya kepada publik pada tahun 1981 dan menjadi salah satu perseroan pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Mayoritas saham dimiliki oleh Grup Merck, yang berkantor pusat di Jerman, salah satu perseroan farmasi dan kimia tertua di dunia.

PT Merck Tbk. adalah perseroan multinasional terkemuka dalam bisnis farmasi dan bahan kimia di Indonesia.
  • Di bidang farmasi, PT Merck Tbk. menghasilkan dan memasarkan produk farmasi yang dikenal di masyarakat seperti Neurobion®, Sangobion® dan Glucophage® dalam fasilitas CGMP yang tersertifikasi.
  • Dalam bidang Kimia, Merck memasarkan bahan kimia untuk laboratorium, bahan baku farmasi, makanan, hygiene monitoring, bioscience, rangkaian produk untuk uji kualitas air dan makanan serta pigmen untuk berbagai aplikasi industri (cat, otomotif, kosmetik, dll), dan produk khusus kimia lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai  PT Merck Tbk., Anda dapat mengunjungi www.merck.co.id


Tentang Sucofindo

PT SUCOFINDO (Persero) didirikan pada tahun 1956, perusahaan BUMN yang pada awalnya merupakan perusahaan patungan antara Negara Republik Indonesia dengan Societe de Surveilance Holding SA (SGS), Genewa, Swiss. Sucofindo adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia yang bergerak di bidang jasa Inspeksi & Audit, Pengujian dan Analisis, Sertifikasi, Konsultasi dan Pelatihan, yang didukung oleh 90 titik layanan yang terdiri 31 cabang dan sub cabang serta 59  kantor perwakilan serta dukungan 52 jaringan Laboratorium di seluruh Indonesia.

Dengan memperkerjakan sekitar 5.000 personil yang menangani 150 jenis jasa pekerjaan dari hulu hingga ke hilir mulai dari sektor perdagangan & Industri, sektor energi, sektor agrikultur, sektor manufaktur, dan juga sebagai Lembaga Sertifikasi Sistem manajemen (ISO 9001, 14.001, OHSAS 18.001, HACCP), Sertifikasi Produk (SNI) dan Sistem Manajemen Pengamanan (SMK3 , SMP).