Pemda Lutra Launching e-KTP

Rabu, 05 Oktober 2011 | 14:02


Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Senin (3/10) melakukan launching sekaligus perekaman data e-KTP Kabupaten Lutra yang bertempat di kantor Kecamatan Masamba.Perekaman data dilakukan, Asisten Tata Pemerintahan Kabupaten Lutra, Andi Eviana yang dipandu tenaga operator e-KTP, serta disaksikan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), tim suvervisi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Konsorsium (sucofindo) serta dari PT Qwandra dan BPPT RI.

Andi Eviana yang memperoleh nomor antrian pertama tepat pukul 10.00 wita oleh setelah sebelumnya melalui tahapan registrasi data kemudian disusul, Asisten Ekonomi dan pembangunan, Yamsal Patappa, Kadis Dukcapil, Yansen Tempo, dan Kabag Humas Lutra, Hakim Bukara bersama warga lainya.

Proses registrasi dimulai dari pengambilan foto, pengambilan tanda tangan pertama dan kedua dengan digital perekaman sidik jari dan perekaman iris mata. Setelah itu diadakan pencocokan data, apabila sesuai kemudian disahkan oleh operator untuk pengiriman data.

"Proses launching e-KTP telah melalui peroses yang cukup panjang dengan melalui tahapan, bahkan sempat mengalami beberapa kali penundaan karena alat dari pusat terlambat datang,"ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Yansen Tempo mengatakan seharuenya hari ini hanya ada lanuching, namun melihat antusias warga yang ingin registrasi, maka diputuskan sekaligus membuka pelayanan kepada warga yang telah memiliki bukti panggilan untuk registrasi data dan proses lainya.

"mudah-mudahan antusias warga tetap berlangsung seperti ini, sehingga proses pelaksanaan e-KTP dapat berjalan dengan baik serta selesai sesuai waktu yang telah di tentukan,"katanya.
Perekaman data yang dilakukan pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Masamba yang berlangsung launching dan Kecamatan Bone-Bone, selanjutnya menyusul kecamatan lainnya.

Untuk Kecamatan Masamba, akan melayani wajib e-KTP sebanyak 26.657 selama tiga hari mulai tanggal 4 hari hingg 6 Oktober mendatang.

"Hasil e-KTP ini proses percetakanya akan dilakukan di Jakarta, sehingga kartu e-KTP kemungkinan besar di terima oleh warga akhir tahun ini,"katanya.

Sumber Berita : http://www.ujungpandangekspres.com