Sucofindo Perwakilan Forum Komunikasi BUMN Kalbar Mengadakan Pasar Murah di Kecamatan Tabas

Senin, 22 Agustus 2011 | 09:17


Forum Komunikasi BUMN Kalimantan Barat menggelar pasar murah Ramadan. Keramaian tersebut dipusatkan di Terminal Kecamatan Tebas, Sabtu (20/8). Bupati dan Wakil Bupati Sambas meninjau langsung pelaksanaan pasar murah tersebut. Bupati Sambas, Hj Juliarti Dj Alwi secara simbolis menyerahkan paket pasar murah kepada warga disaksikan General Manager PT Sucofindo sebagai perwakilan Forum Komunikasi BUMN Kalbar, Camat Tebas, Plt Kadis Kumindag Masuri dan beberapa tamu undangan hadir.

Pasar murah tersebut mendapat perhatian dari masyarakat. Warga pun rela menunggu dan antre sejak pukul 7.30 WIB.

Mereka harus berdesak-desakan untuk mendapatkan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga miring. Warga cukup menunjukkan kupon pasar murah kepada panitia dan langsung dilayani petugas dari dinas kumindag, bagian perekonomian setda kabupaten Sambas dan dari panitia kecamatan tebas.

Bupati Sambas menyambut baik penyelenggaraan pasar murah. Pemerintah daerah, kata dia, terbantu dengan kegiatan tersebut. “Kami selaku pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setingginya kepada forum komunikasi BUMN dengan ikhlas hati telah menyelenggarakan pasar murah ini, sedikit banyaknya ini adalah upaya nyata membantu pemerintah daerah,” ujarnya.

Pelaksanaan pasar murah tepat karena menjelang hari raya Idulfitri. Dimana harga kebutuhan pokok menjelang lebaran tersebut selalu naik yang dikarenakan tingginya permintaan. “Pemerintah daerah sangat menyambut positif kegiatan pasar murah ini.

Harapan saya, dengan kegiatan ini, masyarakat yang benar-benar kurang mampu dapat terbantu, dan tolong bagi masyarakat yang merasa lebih mampu memberikan kesempatan kepada saudara kita yang lebih tepat untuk menjadi sasaran pasar murah ini, “ tegas dia.

Juliarti mengingatkan masyarakat agar membudayakan antri. Hal itu imbau dia guna kelancaran pelaksanaan pasar murah.

 “Biasakan dan budayakan mengantri, biar pelaksanaannya lancar,” pinta Bupati.Plt Kadis Kumindag Sambas, Mashuri, dalam keterangan persnya dilokasi pasar murah menyebutkan, pelayanan pasar murah dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama dimulai pukul 9 pagi hingga 12 siang. “Tahap pertama kita peruntukkan bagi warga yang memiliki kupon. Dan tahap kedua diatas pukul 12.00 wib bagi mereka yang tidak memiliki kupon,” tuturnya.

Komoditi atau kebutuhan pokok yang dijual pada pasar murah BUMN Peduli ini untuk beras dipersiapkan enam ton disediakan PT Bulog, minyak goreng 2000 liter oleh PT Sucofindo, dan Gula Pasir enam ton disediakan PT Sucofindo.

Mengenai teknis pembagian kupon, Mashuri menyebutkan teknisnya diatur dan disebarkan melalui kantor kecamatan Tebas. “Jumlah Pembeli Kupon untuk Beras disediakan 1200 orang, Minyak Goreng 450 orang, dan gula pasir 900 orang,” ungkapnya.

Selain di Tebas, Mashuri menuturkan pasar murah akan segera digelar di Kecamatan Sebawi. Mengenai perihal tanggal pelaksanaanya, sesuai surat yang telah masuk ke dinas Kumindag, untuk pasar murah sebawi dijadwalkan digelar pada Senin, 21 Agustus 2011 di SD Negeri 4 Desa Sepok. “Pasar murah tersebut merupakan kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar dan PKK Propinsi Kalbar,” jelasnya. (har)
 
Sumber Berita : http://www.pontianakpost.com