Kelurahan Mampang Mulai Layani Pembuatan E-KTP

Selasa, 09 Agustus 2011 | 13:16


Kelurahan Mampang Prapatan dan Cikoko, dua kelurahan yang menjadi percontohan program pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Jakarta Selatan, sejak Senin 8 Agustus 2011 mulai melayani pembuatan e-KTP. “Cikoko sudah mulai. Sementara kami mengundang lima warga dahulu,” kata Sekretaris Kelurahan Cikoko, Kardi, sore tadi.

Adapun Mampang, meski sudah mendapat lampu hijau pelaksanaan program dari Dinas Kependudukan, baru mulai mengundang warga untuk bikin e-KTP esok hari. “Besok kami undang 20 orang,” kata Wakil Lurah Mampang Prapatan Jaenudin.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan Mampang dan Cikoko merupakan dua dari lima kelurahan yang sudah siap melaksanakan program pembuatan e-KTP. Tiga kelurahan lainnya yakni Rawa Badak, Menteng, dan Tomang. “Sore tadi kami keluarkan instruksi agar kelurahan melaksanakan program dan mulai mengundang warga,” kata Purba.

Purba mengakui pelaksanaan program molor sepekan dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya, yakni 1 Agustus 2011. Purba menyebut beberapa kendala membuat pelaksanaan program ini terlambat. Antara lain masalah banyaknya instansi yang terlibat dalam pemasangan alat pelengkap pembuatan e-KTP.

“Ada masalah alat yang belum lengkap. Ada juga masalah perakitan, jaringan Internet, serta program aplikasi,” kata Purba. Penanggung jawab masing-masing komponen tersebut, kata Purba, berbeda-beda. Untuk perakitan, misalnya, yang bertanggung jawab adalah Sucofindo. Sementara jaringan berasal dari Indosat dan Lintas Artha. “Teknisi dari orang India,” ujarnya.

Kendati demikian ia berharap esok semakin banyak kelurahan yang siap melaksanakan program pembuatan e-KTP. “Insya Allah besok bertambah,” ujarnya.



Sumber Berita : http://www.tempointeraktif.com