Uji Coba E-KTP Berhasil Tiga Menit

Kamis, 04 Agustus 2011 | 08:22


Uji coba pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di Kelurahan Rawabadak Selatan, Jakarta Utara, pada Rabu (3/8/2011), berjalan baik dengan hanya memakan waktu tiga menit untuk setiap orang.Namun, pihak kelurahan belum berani melanjutkan uji coba itu ke tahap pelaksanaan. Lurah Rawabadak Selatan Muhamad Maibu mengaku, masih ada beberapa alat yang belum siap.

Seperti uji coba yang dilaksanakan kali pertama ini, baru satu unit yang digunakan dari tiga unit yang seharusnya dipasang. "Belum tahu siapnya kapan. Namun, uji cobanya sudah cukup berhasil," katanya.

Uji coba di Kelurahan Rawabadak Selatan itu dilaksanakan dengan melibatkan empat warga. Tahap pertama, setiap warga diminta untuk memasukkan nomor induk kependudukannya ke sistem pendataan penduduk di komputer yang terkoneksi dengan sistem komputer Kementerian Dalam Negeri. Tahap itu dilanjutkan dengan potret wajah.

Selanjutnya, warga diminta melaksanakan cap semua jari tangannya dan tanda tangan, yang seluruhnya menggunakan alat berteknologi komputer. Baru kemudian potret retina mata.

Langkah berikutnya adalah verifikasi data, kemudian diakhiri dengan tanda tangan dan cap jari telunjuk tangan dengan alat berteknologi komputer. "Proses itu semua bisa berjalan selama tiga menit. Kalau alat rusak, paling lama hanya memakan waktu 10 menit," kata Maibu. 

Sumber Berita : http://megapolitan.kompas.com