PT Sucofindo (Persero) penanggung-jawab Pasar Murah di pasar Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, dan Tebet/Buki

Kamis, 28 Juli 2011 | 13:33


Sejumlah perusahaan di bawah badan usaha milik negara membuka pasar murah di beberapa wilayah di Indonesia. "Tahun ini kami lakukan di beberapa tempat," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 28 Juli 2011. Khusus wilayah DKI Jakarta, digelar pasar murah di sembilan lokasi. Lokasi pertama di Islamic Center, Cilincing, Jakarta Utara. Waktu pelaksanaannya 28-31 Juli 2011 dengan PT Pelindo II (Persero) sebagai penanggung-jawab. Lokasi kedua di Cengkareng, Jakarta barat. Waktu pelaksanaannya 28-31 Juli 2011 dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebagai penanggung jawab.

Lokasi ketiga di Kemayoran, Jakarta Pusat. Waktu pelaksanaannya 28-31 Juli 2011 dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk sebagai penanggung-jawab. Lokasi keempat di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Waktu pelaksanaannya 28-31 Juli dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung sebagai penanggung jawab.

Lokasi berikutnya di Jakarta Selatan, yaitu di Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, dan Tebet/Bukit Duri. Waktu pelaksanaannya 28-31 Juli 2011 dengan PT Sucofindo (Persero) sebagai penanggung-jawab. Lokasi Terakhir di Kepulauan Seribu. Waktu pelaksanaannya 29 Juli 2011 dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk sebagai penanggung-jawab.

Menurut Mustafa, pasar murah tersebut akan dilaksanakan selama tiga kali dalam tahun ini, yaitu sebelum Ramadan, sebelum Hari Raya Idul Fitri, dan sebelum Natal. Berdasarkan data, total dana yang disiapkan untuk pasar murah sebesar Rp 110 miliar. Dana tersebut disiapkan oleh 10 BUMN melalui program kemitraan dan bina lingkungan.

Berdasarkan Surat Menteri BUMN Nomor S-436/MBU/2011 tertanggal 25 Juli 2011, telah ditetapkan 44 BUMN sebagai Koordinator dan Wakil Koordinator Pelaksanaan Pasar Murah. "Warga bisa membeli bahan-bahan kebutuhan sehari-sehari, khususnya beras, minyak goreng, dan gula dengan harga 30 persen di bawah harga pasar," kata Mustafa.

Hari ini Mustafa juga membuka resmi pasar murah di Islamic Center, Jakarta Utara. Bahan-bahan pokok yang disediakan adalah beras sebanyak 100 ton, minyak goreng sebanyak 50 ton, dan gula sebanyak 50 ton. Harga beras yang dijual Rp 29.000 per 5 kilogram, harga minyak goreng merek Bimoli Rp 15.500 per 2 liter, dan gula pasir Rp 7.500 per kilogram.

Berdasarkan pantauan, lebih dari 100 warga wilayah Jakarta Utara telah berkumpul di tempat penyelenggaraan pasar murah. Menurut Nurhayati (45), warga Jalan Mahoni, Jakarta Utara, gelaran pasar murah ini cukup berguna bagi warga. "Harganya juga lebih murah. Kalau bisa, sih, lebih sering dan banyak tempatnya, asal tidak kehabisan barang," katanya saat ditemui di lokasi pasar murah.

Sumber Berita : http://www.tempointeraktif.com