Kemendagri Kebut Pelaksanaan e-KTP

Senin, 25 Juli 2011 | 13:16


Pelaksanaan program identitas kependudukan secara elektronik (E-KTP) dikebut sesuai jadwal oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).
Sejumlah tahapan tetap direalisasi secara ketat, mulai pembentukan kelompok kerja oleh pemerintah daerah (pemda) hingga tingkat kelurahan untuk pelayanan teknis dan sosialisasi.
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Raydonnyzar Moenek, menyatakan aparatur pemda dinilai sudah siap dan diimbau agar pelaksanaannya sesuai jadwal yakni awal Agustus sudah jalan.

“Kami harap masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk mengisi formulir e-KTP, difoto, serta diambil sidik jarinya. Termasuk penyandang cacat tangan untuk diambil sinar retina sebagai pengganti sidik jari,” ujarnya saat dihubungi wartawan, kemarin..

DITANGGUNG APBN

Dijelaskannya, pengerjaan proyek E-KTP senilai Rp 5,7 trilyun telah ditanggung negara (APBN) 2011 dan 2012. Sedangkan tambahannya ditanggung daerah (APBD) berupa pelayanan teknis dan sosialisasi. “Ini gratis. Dan, jika ada aparat yang memungut bayaran silakan melapor ke Kemdagri atau instansi terkait,” sarannya.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, lanjutnya, ada 172 juta warga wajib KTP. (rinaldi/B) .

Sumber Berita : http://www.poskota.co.id/