Disnakersos Bakal Verifikasi Usaha Spa

Kamis, 14 Juli 2011 | 08:34


Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) bakal melakukan verifikasi kembali terhadap sejumlah usaha Spa di Balikpapan. Pasalnya, usaha Spa ini menggunakan ketel penghasil uap yang rawan terjadi ledakan dan kebakaran.“Usaha Spa ini kan menggunakan ketel uap jadi rawan terjadi ledakan dan kebakaran jadi harus memenuhi standar keamanan bagi pekerja maupun bagi pelanggan,” KATA Bagian Pengawasan Disnakersos Pemkot Balikpapan, M. Rinaldi  kepada Balikpapan Pos di Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, Selasa (12/7).

Menurut Rinaldi, pihaknya menduga sejumlah usaha Spa di Balikpapan masih ada yang belum memenuhi standar keamanan sehingga perlu dilakukan verifikasi agar tidak membahayakan pelanggan dan pekerja Spa.

“Kami akan rapat terlebih dahulu untuk menentukan waktu pelaksanaan verifikasi. Ya mungkin kami akan mendata dulu usaha-usaha Spa yang ada di Balikpapan,” terangnya.

Lebih lanjut Rinaldi memaparkan, pihaknya hanya sebatas memverifikasi izin ketel uap bukan izin usaha sesuai dengan Undang-Undang Uap Tahun 1930 Tentang Pesawat Uap atau Ketel Uap dan alat sejenisnya. “Kalau untuk izin usaha sudah ada SKPD yang menangani tapi kalau untuk izin ketel uap dan standar keamanannya kami yang melakukan verifikasi,” tandasnya.

Di dalam melakukan verifikasi tempat usaha Spa ini, terang Rinaldi, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Sucofindo sebagai lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah untuk membantu melakukan verifikasi terhadap usaha-usaha seperti Spa ini.

“Saya kira verifikasi ini cukup penting karena usaha Spa ini menggunakan uap sehingga benar-benar para pekerja dan pelanggan perlu mendapat perlindungan sehingga tidak terjadi sesuatu yang mencederai pelanggan dan pekerja,”tuturnya.

Lalu kapan verifikasi dilakukan? Rinaldi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan SKPD terkait untuk melakukan pendataan terhadap jumlah usaha Spa yang ada di Balikpapan. “Kalau sudah ada datanya maka kami segera melakukan verifikasi,” pungkasnya.(vie)

Sumber Berita : http://www.metrobalikpapan.co.id/