Impor Pakaian Jadi Melonjak

Rabu, 06 Juli 2011 | 15:11


KETUA Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat mengatakan, impor pakaian jadi pada periode Januari hingga Mei 2011 mengalami peningkatan sebesar 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Dalam setahun, kenaikan bisa mencapai 4 persen," kata Ade di Jakarta, Selasa (5/7).Menurut Ade, peningkatan impor dalam lima bulan pertama tahun ini merupakan persiapan menghadapi Lebaran. "Waktu Lebarannya kan maju dibandingkan tahun lalu," katanya. Pakaian yang diimpor berasal dari berbagai negara seperti China, Bangladesh, dan Amerika Serikat.

Kualitasnya beragam, mulai dari merek terkenal hingga produk berkualitas rendah. "Importir juga memanfaatkan peluang pasar di Indonesia dengan membeli barang off season yang sudah tidak laku di luar negeri sehingga harganya lebih murah," katanya.

Di sisi lain, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) dari Indonesia juga terus mengalami peningkatan. Data Kementerian Perindustrian menyebutkan, pada 2010, ekspor TPT mencapai US$11,22 miliar atau naik 20,77 persen. Prediksi API, ekspor TPT tahun ini dapat mencapai US$13 miliar.

Penulis oleh : Ayu Lazuardi Mutmainnah

Sumber Berita : http://www.jurnas.com