Produsen Diesel Tingkatkan Kandungan Lokal

Rabu, 22 Juni 2011 | 13:53


Pabrikan mesin diesel, yakni PT Tri Ratna Diesel Indonesia, telah meluncurkan produk mesin diesel buatan dalam negeri dengan kandungan komponen lokal lebih dari 60 persen. Dalam pembuatannya, pabrikan lokal ini melibatkan pemasok dan subkontraktor domestik."Produsen dalam negeri telah membuat produk motor diesel bermerek Diamond yang diproduksi di Gresik. Kami mulai dari perencanaan, pembuatan cetakan, pengecoran, hingga pemesinan (machining)," kata Direktur Tri Ratna Diesel Indonesia Robert Sumar pada acara pembukaan Pameran dan Seminar Industri dan Alat Transportasi di Jakarta, Selasa (21/6).

Menurut Robert, untuk pengembangannya telah dilakukan sejak sepuluh tahun yang lalu seiring berakhirnya kerja sama produksi mesin Tri Ratna dengan Mitsubishi Heavy Industries. Penyiapan produksi mesin diesel Indonesia yang menggunakan merek lokal ini membutuhkan investasi 10 miliar rupiah.

Di tempat yang sama, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan pemerintah terus berusaha mempromosikan mesin buatan dalam negeri kepada pasar dalam dan luar negeri. "Jika tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) terus ditingkatkan, saya tidak hanya bersedia mempromosikan, tapi turun langsung sebagai salesman-nya. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing produk di dalam negeri," tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin Budi Darmadi mengatakan promosi dan pameran adalah upaya konkret dari pemerintah untuk menunjukkan kemampuan industri dalam negeri. Industri di dalam negeri siap bersaing dengan produk impor yang masuk ke dalam negeri. ind/E-12

Sumber Berita : http://koran-jakarta.com