Siaran Pers
Share on Facebook

           

           

Tue, 22 May 2018 10:56:27 +0700
BANK BTN DAN SUCOFINDO MENANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN TENTANG SINERGI KEGIATAN BADAN USAHA MILIK NEGARA

 


Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng Perusahaan Perseroan (Persero) PT Superintending Company of Indonesia (SUCOFINDO) dalam pemanfaatan dan pengelolaan jasa layanan perbankan untuk mendukung bisnis kedua belah pihak. Kerjasama dua BUMN ini merupakan wujud Sinergi Kegiatan Badan Usaha Milik Negara.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Bank BTN Maryono dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin di Jakarta Rabu (16/5).

Adapun materi kerjasama antara Bank BTN dengan Sucofindo antara lain meliputi pemanfaatan layanan jasa perbankan, baik itu produk dana ataupun kredit yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung bisnis Sucofindo. Sebaliknya dalam kesepahaman kerjasama tersebut juga diharapkan Bank BTN dapat memanfaatkan produk bisnis Sucofindo seperti jasa survey, jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan serta jasa-jasa lainnya yang diharapkan dapat mendukung pengembangan bisnis Bank BTN. 

Hubungan kemitraan antara PARA PIHAK dengan prinsip bisnis yang saling menguntungkan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono menjelaskan MoU bersama Sucofindo tersebut adalah awal untuk memulai kerjasama yang lebih teknis yang menjadi kebutuhan masing-masing untuk mendukung bisnisnya. Menurutnya Sucofindo akan dapat berperan untuk turut mendukung program pemerintah dalam satu juta rumah dengan mengikutkan seluruh pegawainya untuk memiliki rumah dengan fasilitas KPR BTN atau fasilitas kredit lainnya yang dapat dimanfaatkan Sucofindo dalam memenuhi kebutuhan pegawainya. Termasuk dalam hal ini pengelolaan dana perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kebutuhan Sucofindo dalam menjalankan bisnis perusahaan. 

Tetapi yang penting dari MoU ini adalah lahirnya sinergi antara BTN dan Sucofindo. Ini penting dan strategis untuk bagaimana BUMN itu semua kuat dan menguntungkan untuk dapat berbuat banyak dalam rangka membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat, kata Maryono.

Hal sama juga disampaikan oleh Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin. Kerjasama bersama Bank BTN adalah untuk melakukan kerja sama dalam berbagai kegiatan yang saling menunjang tugas pokok dan fungsi masing-masing serta untuk mendukung peningkatan kinerja 

Bachder menjelaskan Sucofindo merupakan perusahaan jasa di bidang Inspeksi. Pengujian, Sertifikasi, Pelatihan dan Konsultansi.  Dengan BTN, Sucofindo dapat memberikan layanan antara lain Sertifikasi untuk menjamin kehandalan berbagai Sistem Manajemen, seperti : IS0 9001 terkait Sistem Manajemen Mutu,  ISO 27000 terkait IT Security.  

Disamping itu Sucofindo juga dapat memberikan layanan jasa inspeksi dan sertfikasi untuk gedung, dengan layanan  Audit Green Building, Sertifikasi dan Pengujian Instalasi Listrik, Lift, Penangkal Petir, Sertifikasi dan Pengujian Lingkungan, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), jelasnya menambahkan.

Banyak yang dapat menjadi sinergi dalam kerjasama BTN dan Sucofindo. Apalagi kita tahu Sucofindo juga dapat memberikan Layanan Jasa Manajemen Agunan (Collateral Management) dan ini pasti dibutuhkan oleh perbankan yang tidak saja bagi Bank BTN. Tetapi ini adalah peluang bahwa ini nantinya akan menjadi point untuk dikerjasamakan agar dapat diimplementasikan dalam bisnis, tambah Maryono memberi penjelasan.

Sudah pasti banyak produk bisnis yang dimiliki oleh Bank BTN maupun Sucofindo. Tetapi kita ingin bagaimana sinergi itu nanti juga dapat terwujud diluar apa yang menjadi kesepahaman pada hari ini. BTN ingin menjadi mitra kerja strategis bagi Sucofindo dengan konsep one stop service dan ini menjadi fokus kami bagaimana nanti kita bersama Sucofindo dapat mewujudkannya, tegas Maryono.