Siaran Pers
Share on Facebook

           

           

Mon, 02 October 2017 09:53:41 +0700
Sucofindo Hadir di Ambon, Bantu Pelaku Usaha Lokal Tingkatkan Daya Saing

 



Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT SUCOFINDO (Persero) turut mendukung program Nawacita Pemerintah dalam mengembangkan potensi industri lokal di Indonesia Timur terutama dalam mengembangkan untuk akses ke pasar global. Dalam upaya pengembangan industri tersebut, SUCOFINDO mengadakan seminar “Strategi Penguatan Daya Saing Komoditi Lokal di Pasar Global” yang berlangsung pada Kamis, 28 September di Hotel Marina Ambon.
Seminar ini merupakan langkah strategis bagi SUCOFINDO dalam memperkenalkan dan memperdalam awareness pelaku usaha lokal, pemerintah daerah, konsumen serta para akademisi untuk mengembangkan potensi lokal di Maluku.
Hal ini juga mendukung kebijakan pemerintah dalam program Nawacita untuk menjadikan kawasan Maluku sebagai Lumbung ikan nasional, provinsi rempah-rempah, serta sentra pengembangan industri pertambangan & energy, juga Industri Pariwisata.  “Nantinya dengan seminar ini juga dapat memberikan gambaran tentang strategi, kebijakan, program dan upaya-upaya peningkatan daya saing komoditi lokal, daya saing provinsi sehingga mendukung upaya peningkatan akses dpi pasar global,” kata Direktur Komersial II PT SUCOFINDO (Persero) Sufrin Hannan (28/9).

Turut hadir dalam seminar sebagai pembicara adalah Pakar Ekonomi dari Universitas Pattimura Ambon Izaac Tony Matitaputty, Ketua Dewan Rempah Maluku Djalaludin Salampessy, Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan M. Assegaf, General Manager Pelindo IV- Ambon Teddy Indra Yudhana,  Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ambo ,Latif Helmi, serta Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan Korporat PT Sucofindo Soleh RM.

Provinsi Maluku, dikenal sebagai sumber atau rumah bagi komoditi-komoditi penting bagi dunia, seperti pada sektor pertanian pala, cengkeh, dan kelapa.  Sebagai kawasan yang memiliki beragam kekayaan alam, Maluku menjadi sumber yang potensial untuk mengembangkan investasi.  Dalam hal ini, Maluku memiliki nilai strategis dan potensi unggulan yang dapat ditumbuhkan dalam pengembangan ekonomi lokal, melalui optimasi potensi berbasiskan posisi geostrategis, kebaharian, dan wilayah perbatasan negara.
 
Selanjutnya menurut Pakar Ekonomi dari Universitas Pattimura Ambon Izaac Tony Matitaputty yang juga sebagai pembicara, mengatakan bahwa Maluku tak hanya perlu menggali pada sisi Sumber Daya Alam saja, tetapi perlu juga ditopang dalam Sumber Daya Manusia. “Sumber Daya Alam Maluku sangat berlimpah, mulai dari pertanian, perkebunan, kelautan, dan perikana, hingga di sektor pertambangan. Namun, pemerintah juga perlu lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia,”kata Izaac.

PT. SUCOFINDO (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang handal dan terpercaya dalam bidang Inspeksi, Pengujian, Sertifikasi, Konsultasi dan Pelatihan, telah hadir dekat dengan para pelaku usaha di Maluku dan sekitarnya dengan menyediakan unit layanan di kota Ambon di bawah koordinasi Cabang Makassar. Layanan baru PT SUCOFINDO (Persero) ini diharapkan membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing produk lokal tersebut. “Dalam hal ini SUCOFINDO siap mendukung para pelaku usaha lokal agar dapat mengoptimalkan potensi mereka, sehingga mampu bersaing dalam akses global,” Kata A. Iskandar, K.,  selaku perwakilan dari manajemen Sucofindo saat memberikan sambutan (28/9).

Layanan awal yang ditawarkan SUCOFINDO Ambon adalah Laboratorium pertanian, seperti untuk menguji kadar air komoditas pertanian. Selain itu, dalam industri Minyak dan Gas, SUCOFINDO melayani pengawasan bongkar muat pada proses Bunker Survei, termasuk di dalamnya pengambilan sampel minyak.

Tak hanya layanan di bidang pertanian dan Migas tersebut, SUCOFINDO Ambon juga akan dilengkapi dengan Laboratorium Lingkungan dan Laboratorium Kalibrasi.

Laboratorium kalibrasi SUCOFINDO dapat melayani kalibrasi peralatan gaya, massa, tekanan, suhu, dimensi, volume dan instrumentasi kimia, dan peralatan Listrik. Laboratorium Kalibrasi SUCOFINDO memiliki kalibrator-kalibrator yang setara standar Nasional dan Internasional, serta memiliki CMC (Calibration and Measurement Capability) tinggi dan Nilai Ketidakpastian yang kecil,  sehingga menghasilkan pengukuran yang akurat dan memiliki ketelitian tinggi. Sucofindo memiliki komitmen dalam menjaga ketertelusuran kalibrator-kalibratornya, berdasarkan prinsip-prinsip ISO 17025 sehingga dapat memberikan jaminan terhadap keakuratan dan ketelitian hasil kalibrasinya.

Layanan SUCOFINDO akan terus berkembang sesuai dengan potensi daerah dan kebutuhan pelaku usaha dan Industri di Indonesia Timur dan Maluku dan sekitarnya pada khususnya.