Siaran Pers
Share on Facebook

           

           

Mon, 21 August 2017 08:41:33 +0700
SUCOFINDO serahkan Sertifikat ISO 9001:2015 kepada DITRESKRIMUM POLDA METRO JAYA

 



Jakarta, 18 Agustus 2017 – Sucofindo kembali mendukung program Sistem Manajemen Mutu dengan diserahkannya sertifikat ISO 9001:2015 oleh Sucofindo kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Direktur Komersial II Sucofindo Sufrin Hannan di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (18/8) dan merupakan sertifikat yang pertama kali diraih dalam lingkup DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA se-Indonesia.

Penyerahan sertifikat dihelat pada acara Launching Penerapan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 yang dihadiri oleh Direktur Komersial II Sucofindo Sufrin Hannan. Selain itu, turut hadir Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo, Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Idham Aziz, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Suntana, serta Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Rudy Herianto Adi Nugroho.

DIREKTUR RESKRIMUM Polda Metro Jaya Kombes Rudy Herianto Adi Nugroho dalam sambutannya menyatakan ungkapan terima kasih kepada Sucofindo  atas diberikannya sertifikat ISO 9001:2015. “Dengan pencapaian ini saya berharap para Kasubid dapat mempertahankan kualitas proses penyidikan dan penyelidikan sesuai dengan standar ISO 9001:2015. Proses audit ini juga berkelanjutan dan akan diaudit satu tahun sekali oleh Sucofindo,” kata Rudy.

Sufrin Hannan, Direktur Komersial II PT Sucofindo, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA METRO JAYA atas keberhasilannya meraih sertifikat ISO 9001:2015. ”Keberhasilan mendapatkan sertifikat ini sebagai wujud peningkatan kualitas terhadap proses penyelidikan dan penyidikan perkara pidana demi pelayanan prima untuk mendorong peningkatan kepercayaan masyarakat,” ujar Sufrin.

Sufrin juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada POLRI, telah mempercayakan Sucofindo sebagai Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015, “Merupakan suatu kehormatan bagi Sucofindo, menjadi salah satu mitra dan kami siap mendukung DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA METRO JAYA dalam lingkup sertifikasi,” kata Sufrin

Pemberian sertifikasi ini menurut Sufrin tak serta merta diberikan Sucofindo. “Selama ini DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA METRO JAYA telah melakukan upaya-upaya untuk mengidentifikasi proses, risiko, dokumen, penerapan, dan penilaian yang diperlukan untuk memenuhi klausul demi klausul persyaratan ISO 9001, sehingga diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2015,” kata Sufrin.

ISO 9001:2015 merupakan persyaratan standardisasi Internasional terkait Sistem Manajemen Mutu (SMM). Standard ini menuntut organisasi mengidentifikasi sasaran organisasi dan menentukan proses serta sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. SMM mengelola interaksi proses dan sumber daya untuk memberikan nilai dan merealisasikan output yang sesuai untuk pihak berkepentingan yang relevan.

Proses selanjutnya setelah diserahkan sertifikat ISO 9001:2015, maka setiap tahun SUCOFINDO akan melakukan surveillance audit untuk memastikan konsistensi penerapannya, dan bila persyaratan ISO 9001 tidak diterapkan secara konsisten, maka akan ada konsekuensinya, yaitu berupa penangguhan sertifikat, hingga pencabutan sertifikat.

Selanjutnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pun berterima kasih kepada Sucofindo yang telah memberikan sertifikat untuk DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA METRO JAYA. “Saya berharap dengan berlakunya sistem ini mampu menjadi triger Mabes POLRI dan menerapkan secara merata dalam mengelola standardisasi ini. Saya minta kita fokus ke 3 bagian untuk menerapkan standard ISO ini, yaitu Reserse, Lalu Lintas, dan SDM. Dan untuk Sucofindo saya berharap agar tetap objektif,” kata Tito.

Sucofindo sampai saat ini telah menerbitkan lebih dari 1490 sertifikat ISO 9001 untuk berbagai industri, manufaktur, pelayanan, dan lain-lain. Khususnya di lingkungan POLRI, Sucofindo telah menerbitkan 70 Sertifikat antara lain, Samsat Wilayah Jakarta Selatan, Samsat Wilayah Jakarta Timur, Samsat Cianjur - Urusan STNK, Kantor Bersama Samsat Kota Jambi, Kantor Bersama Samsat Madiun, Kantor Bersama Samsat Pasuruan Kota, Samsat Cinere Depok, Biro Sumberdaya Manusia Polda Metrojaya dan lain-lain, termasuk di antaranya DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA METRO JAYA. 

“Untuk kedepannya semoga semakin banyak lagi unit-unit di lingkungan POLRI yang menerapkan ISO 9001 dan SUCOFINDO siap mendukung terwujudnya harapan tersebut,” tutup Sufrin.