Usaha Pertanian dan Perikanan

Fumigasi

SUCOFINDO mengamankan komoditas dan objek tertentu dari serangan hama.

TANTANGAN BISNIS

Untuk melindungi pertanian di negaranya dari potensi masuknya serangga/hama dari luar wilayahnya, banyak negara di dunia mewajibkan adanya fumigasi atas produk impor, termasuk produk-produk pertanian. Fumigasi juga meliputi komoditas dalam penyimpanan dan dokumen di ruang arsip yang tak luput dari risiko hama.

Pelanggaran atas ketentuan ini tanpa tindakan koreksi yang diperlukan berakibat penolakan masuk atas barang tersebut ke dalam wilayah negara tersebut yang berujung kerugian materi dan kepercayaan pelanggan.

Australia adalah salah satu negara tujuan ekspor yang memberlakukan ketentuan ini secara ketat. Pada tahun 2004, Australian Quarantine and Inspection Service (AQIS) bekerja sama dengan Badan Karantina Pertanian RI meluncurkan skema AFASID (Australian Fumigation Accreditation Scheme Indonesia) untuk menertibkan pelaksanaan jasa fumigasi tujuan Australia.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Sucofindo melaksanakan fumigasi sesuai dengan standar yang berlaku. Fumigasi adalah eradikasi hama pada suatu objek dengan menggunakan gas beracun. Lazimnya, objek yang akan difumigasi harus berada di ruangan tertutup dan fumigasi dipertahankan dalam durasi penyekapan tertentu. Untuk objek yang disimpan dalam waktu lama, fumigasi dilakukan secara berkala.

Standar

SUCOFINDO melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standar yang berlaku, termasuk standard AFASID.

Pelaksanaan

Pelaksanaan fumigasi meliputi:

  • Pengisolasian objek dengan menutup lubang-lubang ventilasi kapal, pintu peti kemas atau dengan menutup objek dengan tenda
  • Gasifikasi objek dengan dosis sesuai jenis objek. SUCOFINDO hanya menggunakan methyl bromide (CH3Br) untuk fumigasi pra-pengapalan yang dapat dilaksanakan pada consignment yang berada di dalam peti kemas maupun di palka kapal, dan keperluan karantina sesuai Montreal Protocol. Fumigasi untuk tujuan perawatan berbagai jenis komoditas di gudang atau silo dilaksanakan menggunakan phosphine
  • Penyekapan objek selama durasi tertentu
  • Aerasi

Pelaporan

Laporan secara lengkap akan disampaikan kepada pelanggan.

Manfaat

  • Menurunkan risiko susut nilai komoditas yang disimpan di gudang atau silo akibat aktifitas hama, sehingga masa penyimpanan komoditas dapat lebih panjang
  • Memenuhi ketentuan phytosanitary negara tujuan ekspor. Eksportir akan menerima sertifikat fumigasi sebagai bukti bahwa consignment telah mendapat perlakuan eradikasi hama
  •  Fumigasi dokumen akan melindungi dokumen dari serangga perusak kertas

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah pelopor dalam jasa fumigasi di Indonesia dan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengikuti skema AFASID. Sertifikat fumigasi Sucofindo dengan nomor AFASID mendapat pengakuan AQIS, serta diterima dan diacu untuk proses penerbitan phytosanitary certificate oleh badan yang berwenang. Sebagai perusahaan yang peduli pada kelestarian lingkungan hidup, kami membatasi penggunaan methyl bromide hanya untuk fumigasi pra-pengapalan dan keperluan karantina sesuai Montreal Protocol.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai belahan dunia.

Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO terakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001 serta tergabung dalam berbagai asosiasi di Indonesia dan dunia. SUCOFINDO adalah anggota IFIA (International Federation of Inspection Agencies), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), dan FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association).

FAQ

Kapan fumigasi perawatan dilaksanakan?
Fumigasi perawatan sebaiknya dilaksanakan secara berkala. Jadwal fumigasi dibuat berdasarkan siklus perkembangbiakan hama. Beberapa jenis hama serangga dapat dipantau populasinya menggunakan perangkap berisi pheromone. Jumlah serangga yang terperangkap mengindikasikan jumlah populasi yang sebenarnya di dalam gudang. Fumigasi dilaksanakan jika jumlah serangga yang terperangkap alat monitoring telah mencapai angka tertentu.

Berapa lama waktu diperlukan untuk fumigasi perawatan komoditas di gudang?
Waktu yang diperlukan untuk fumigasi terdiri dari persiapan, pelepasan dan pemaparan fumigant serta pembukaan lembaran plastik penutup. Lamanya persiapan dan pembukaan lembaran plastik penutup tergantung luas gudang. Masa pelepasan dan pemaparan fumigant selama 3 hari.

Kapan fumigasi kargo dilaksanakan?
Fumigasi barang di dalam peti kemas dengan standard AFASID dilaksanakan paling lambat 2 hari sebelum barang naik ke kapal. Fumigasi kargo di dalam palka kapal memerlukan persiapan sebelum dan selama pemuatan barang.

Berapa lama waktu diperlukan untuk fumigasi kargo?
Fumigasi consignment di dalam peti kemas sesuai prosedur AFASID memerlukan waktu 2 hari termasuk untuk persiapan dan aerasi. Fumigasi kargo di dalam palka kapal dipersiapkan sebelum pemuatan barang dan dilaksanakan dalam waktu 4-6 jam setelah palka ditutup.

Dimana fumigasi kargo dilaksanakan?
Fumigasi consignment di dalam peti kemas sesuai prosedur AFASID dilaksanakan di depo peti kemas yang direkomendasi oleh Badan Karantina Pertanian. Fumigasi kargo di dalam palka kapal dilaksanakan di pelabuhan muat.

Bagaimana fumigasi arsip dilakukan?
Tata cara fumigasi arsip hampir sama dengan fumigasi komoditas di dalam gudang. Jika ada potensi serangan rayap, maka perlu perlakuan anti rayap terhadap tanah di sekitar lokasi arsip.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email