Pemerintah dan Institusi Internasional

Verifikasi Anjungan Lepas Pantai

SUCOFINDO memastikan kelaikan operasi dan perpanjangan masa pakai anjungan lepas pantai.

TANTANGAN BISNIS

Sebagian pengguna anjungan berupaya mengoperasikan anjungan lepas pantai lebih dari usia pakai dalam rancangan dan menunda penggantian anjungan demi penghematan biaya.

Namun, karena menyangkut keselamatan pekerja, penggunaan anjungan yang telah melampaui umur harus mendapatkan izin dari pemerintah dalam bentuk Sertifikat. Untuk keperluan sertifikasi tersebut, anjungan harus mendapatkan verifikasi kelayakan operasi dan keselamatan oleh pihak yang ahli.

SUCOFINDO memiliki tenaga ahli dan berpengalaman dalam pelaksanaan kaji ulang (review) dokumen, inspeksi, verifikasi spesifikasi teknis, dan analisis pada seluruh proses disain, konstruksi, hingga pemeliharaan anjungan lepas pantai.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Verifikasi terhadap anjungan lepas pantai merupakan layanan pemeriksaan yang terdiri dari serangkaian pengujian komprehensif terhadap konstruksi anjungan untuk mendefinisikan titik-titik kritis yang berpotensi menimbulkan bahaya dan kondisi tidak kendali lainnya.

Verifikasi dilakukan pada dua hal penting:

  • Pemenuhan standar kelayakan disain, instalasi, operasional, dan pemeliharaan, dengan mengacu pada permintaan spesifikasi pelanggan, nasional standar, internasional standar, dan regulasi nasional.
  • Perubahan struktur/konstruksi anjungan yang cukup besar, terkait dengan pengembangan lapangan, penambahan kapasitas produksi, kegiatan pengelasan bawah laut atau sejenisnya.

Standar

SUCOFINDO memiliki akreditasi sebagai Lembaga Sertifikasi OHSAS dan sebagai Badan Audit K3. SUCOFINDO melaksanakan verifikasi dengan mengacu kepada standar-standar internasional yang disepakati. Operasi SUCOFINDO terakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025 serta bersertifikat ISO 9001.

Pelaksanaan

SUCOFINDO memiliki tenaga ahli yang memberikan kepastian berupa verifikasi dan analisa pada seluruh sistem anjungan mulai dari rancangan instalasi, kondisi peralatan, sampai dengan pemeliharaan, agar selalu dalam kondisi yang handal.

Proses verifikasi yang dilakukan berupa:

  • Kaji ulang (review) dan verifikasi kesesuaian spesifikasi objek dengan dokumen teknis
  • Inspeksi dan audit anjungan lepas pantai
  • Pencatatan dan dokumentasi data lapangan
  • Melakukan perbandingan kesesuaian teknis dengan standar nasional/internasional, spesifikasi pelanggan, atau regulasi nasional
  • Analisis kelayakan prosedur, instalasi, dan peralatan
  • Melakukan evaluasi dan justifikasi teknis dalam rangka keberterimaan terhadap acuan yang dipakai
  • Analisis kelayakan anjungan lepas pantai
  • Pembuatan laporan hasil pemeriksaan

Pelaporan

Laporan verifikasi memuat data teknis yang menggambarkan kondisi anjungan dan hasil verifikasi berdasar spesifikasi teknis sesuai dengan ketentuan yang berlaku terkait kelayakan operasional dan keselamatan anjungan lepas pantai. Adanya temuan titik kritis menjadi dasar rekomendasi perbaikan atau penggantian yang diperlukan.

Manfaat

  • Jaminan kelayakan operasi terutama terkait keselamatan pekerja dan peralatan, proses produksi, pemeliharaan dan lingkungan.
  • Kajian potensi risiko untuk peringatan dini dan kondisi tidak terkendali.
  • Terpenuhinya terhadap standar dan code terkait, baik standar nasional/internasional, spesifikasi pelanggan, atau regulasi nasional.
  • Adanya pendapat dan dukungan independen dari ahli melalui pengetahuan dan pengalaman khususnya kondisi-kondisi kritis, serta sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO memiliki tenaga kerja yang handal, terbukti dengan terpilihnya SUCOFINDO sebagai mitra pemerintah (Departemen ESDM) sebagai Perusahaan Jasa Inspeksi Teknis di bidang migas, pertambangan, listrik dan pemanfaatan energi, serta sebagai mitra Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) di bidang kesehatan dan keselamatan kerja secara umum.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai belahan dunia.

Pengakuan
SUCOFINDO melaksanakan inspeksi berdasarkan standar-standar internasional yang disepakati. Operasi SUCOFINDO terakreditasi ISO 17020, ISO 17025 dan bersertifikasi ISO 9001. SUCOFINDO juga memiliki akreditasi sebagai Lembaga Sertifikasi OHSAS dan sebagai Badan Audit K3.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email