Berita Terkini
Share on Facebook

           

           

Wed, 15 March 2017 10:12:06 +0700
Seminar Nasional Undang-Undang No.33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal

Dalam mendukung UU terkait produk halal, PT Sucofindo (Persero) mengadakan seminar halal di Auditorium Bina Karna, Jakarta (13/3)

 




Produk halal menjadi perhatian penuh terutama bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Manfaat dengan mengonsumsi produk halal tak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga mampu mempengaruhi perilaku positif. Pemerintah dalam hal ini juga telah menetapkan UU No. 33 tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal.
 
Dalam mendukung UU terkait produk halal, PT Sucofindo (Persero) mengadakan seminar halal di Auditorium Bina Karna, Jakarta (13/3). “Seminar ini dilatarbelakangi atas undang undang no. 33 tahun 2014. Implementasi UU tersebut mampu memberikan dan menjaminkan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen sesuai dengan prioritas bisnis kami,” kata Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin saat memberikan sambutan (13/3).

Menurut Bachder seminar halal juga sebagai ajang diskusi, menambah infromasi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta para penggiat usaha untuk memprioritaskan produksi dan penggunaan produk halal. Selain mampu menjaminkan keamanan, produk halal seperti yang dipaparkan Siti Aminah dalam presentasinya juga mampu meningkatkan nilai ekonomi. “Para produsen produk pangan, obat-obatan, dan kosmetik dengan label halal secara langsung akan meningkatkan nilai ekonomi. Hal ini terlihat dari mayoritas penduduk Indonesia,” ujarnya.

Seminar halal yang bertemakan “Memperkuat Sistem Jaminan Produk Halal untuk Meningkatkan Ekonomi Indonesia dan  Perlindungan Konsumen” ini mendatangkan pembicara terpercaya di bidangnya yang membahas mulai dari perundangan-undangan jaminan produk halal, infrastruktur Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH), sampai dengan metodologi yang digunakan untuk tahap sertifikasi produk halal. Pembicara yang hadir adalah Bambang Prasetya, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN); Didin Hafidhuddin, Dekan Universitas Ibnu Khaldun; Siti Aminah, Kasubdit Produk Halal Kemeterian Agama RI; Sufrin Hannan, Direktur Komersial II PT Sucofindo; Slamet Ibrahim, Guru Besar Farmasi Institut Teknologi Bandung; Abdul Rochman, Guru Besar Universitas Gajah Mada; dan Tun Tedja Irawadi, Guru Besar Institut Pertanian Bogor.

Terlihat antusiasme para peserta yang mengikuti seminar halal. Seminar tersebut diikuti oleh 174 peserta yang berasal dari berbagai instansi, Universitas, Kementrian Pariwisata, Kemeterian Agama, dan Asosiasi pangan, obat, dan kosmetik.

Dalam mendukung jaminan produk halal, PT Sucofindo siap mendukung upaya peningkatan daya saing produk Indonesia dalam memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat, termasuk dalam upaya mendukung pelaksanaan Jaminan Produk Halal di Indonesia.